SYIFA, NURUL AS_ (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING (PTK di Kelas IV SD Negeri 2 Mekarsari Ds. Mekarsari Kec. Cihara). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta sikap dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda dengan menggunakan metode discovery learning di kelas IV SD Negeri 2 Mekarsari. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Dengan menggunakan metode discovery learning terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda, dan 2) terjadi peningkatan terhadap minat belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan metode discovery learning di kelas Iv SD Negeri 2 Mekarsari. Hal ini ditentukan dengan adanya ketuntasan belajar, nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 31,67, siklus I sebesar 58,95, dan siklus II sebesar 82,08. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 8,33%, siklus I sebesar 58,33% dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulakn bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Mekarsari
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 01:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
Lihat Item |