OPTIMALISASI PEMBELAJARAN QIRO’AT SAB’AH DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI REMAJA AKHIR (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyyah Benggala Kota Serang)

Lail, Jamalul (2018) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN QIRO’AT SAB’AH DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI REMAJA AKHIR (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyyah Benggala Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (LAMPIRAN)
Pengesahan Baru.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I -IV)
jamal revisi 7.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (613kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB V)
BAB V.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB)

Abstrak

Penelitian ini diteliti karena masih banyaknya santri yang tidak tertarik untuk mempelajari qiro’at sab’ah, sudah merasa cukup dengan satu riwayat saja padahal ilmu ini sudah langka. Peneliti menggunakan remaja akhir karena untuk belajar qiro’at sab’ah harus memperbaiki bacaan Hafs dulu dan mayoritas santri di Pesantren al-Qur’an At-Thabraniyyah santri remaja akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran qiro’at sab’ah, mengetahui minat membaca Al-Qur’an santri dan mengetahui optimalisasi pembelajaran qiro’at sab’ah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan diPondok Pesantren Al-Qur’an At-Thabraniyyah Benggala Kota Serang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data ditranskrip menjadi data yang lengkap . Transkrip data dianalisis dengan metode deduktif, induktif. Informan adalah 4 santri, 1 Pengasuh Pondok Pesantren dan 1 Pengajar Pondok. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran qiro’at sab’ah dilaksanakan setiap hari setelah sholat subuh dan asar, untuk memulai belajar qiro’at sab’ah harus memperbaiki bacaan qur’an riwayat Hafs, menggunkan metode talaqi, dan setelah khatam bisa menjama’ atau melanjutkan riwayat Warosy. Minat membaca al-Qur’an santri dengan membaca al-Qur’an setiap hari, menghapal, mendengarkan, mempelajari seni baca al-Qur’an, mengikuti kajian di organisasi UPTQ, mengikuti berbagai perlombaan dan mengajarkan Al-Qur’an. Untuk mengoptimalkan pembelajaran qiro’at sab’ah memerlukan beberapa metode yaitu metode talaqi, metode ceramah, metode praktik dan metode Jibril.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2018 01:58
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2018 01:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.