Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten)

HANDIANI, NITA (2018) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi di SMK AL-Mubarok Kota Serang Banten).

[img] Teks (JURNAL)
JURNAL.rtf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB)

Abstrak

Salah satu masalah pendidikan yang harus ditingkatkan saat ini adalah penanganan terhadap rendahnya kinerja guru. Persoalan yang ada adalah bagaimana menciptakan guru yang dapat menghasilkan kinerja yang optimal sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kinerja guru, salah satunya adalah perhatian dan motivasi dari seorang pimpinan. Perumusan masalah yang diambil adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten, bagaimana kinerja guru di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten, dan apakah kepimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten, mengetahui kinerja guru di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten, dan mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten. Kegunaan penelitian ini antara lain: Peneliti dapat membandingkan antara teori yang didapat selama berada dibangku kuliah dengan kenyataan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al-Mubarok Kota Serang Banten dengan jumlah sampel 30 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan statistik dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran angket, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Al-Mubarok Kota Serang pada tingkat sangat baik (79,5). Kinerja guru di SMK Al-Mubarok Kota Serang pada tingkat sangat baik (79,2), koefisien korelasi sebesar 0,52 dikonstruksikan dengan tabel interprestasi angka “r” (0,52) berada antara (0,40 – 0,60) interprestasinya adalah Antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup dan besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 27,04%, sedangkan sisanya 72,96% dipengaruhi oleh faktor lain dan dapat diteliti lebih lanjut.

Tipe Item/Data: Artikel
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 19 Okt 2018 02:32
Perubahan Terakhir: 19 Okt 2018 02:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.