SAPUDINI, DENI (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL SISWA(Studi di SMPN 13 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (FULL PAPER)
DENI SAPUDINI 122111434.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (741kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pelaksanaan pendidikan moral banyak diemban oleh guru agama. Materi yang diberikan bukan hanya menjadikan manusia yang pi ntar dan trampil, akan tetapi jauh daripada itu adalah untuk menjadikan manusia yang memiliki moral dan akhlakul karimah. Dengan moral dan akhlakul karimah yang dimilikinya akan mampu mengarahkan minatnya untuk terus belajar mencari ilmu. Rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana peran Guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa ? 2) Bagaimana moral siswa kelas VIII SMP 13 Kota Serang? 3) Apa cara Guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa kelas VIII SMP 13 Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran Guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa. 2) Untuk mengetahui moral Siswa kelas VIII SMP13 Kota Serang 3) Untuk mengetahui ada tidaknya peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa. Manfaat penlitian ini meliputi bagi penelii, bagi sekolah, bagi guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan data melalui wawancara, dan dokumentasi, seluruh data yang ada dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif serta pend ekatan analisis deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Guru P AI mampu berperan dalam menanamkan nilai - nilai ajaran agama yang diberikan pada pembelajaran sehari - hari dalam kelas dan diluar kelas, dan juga dalam kegiatan agama. M emberikan pencegahan dengan cara pengarahan, pembinaan dan mengoptimalkan kegiatan agama untuk memberikan kegiatan posistif diharapakan dengan pengetauan tentang keilmuan PAI serta intensitas beribadah dapat tercemin dalam kehidupan sehari - hari. Jadi caran ya yaitu mengondisikan siswa untuk sholat dhuha berjamaah, mengondisikan seluruh siswa di kelas untuk tadarusan, mengajak siswa untuk sholat duhur berjamaah, membimbing siswanya yang bermasalah, dan memberikan tausiyah kepada semua siswanya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2018 14:26 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2018 14:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2444 |
Actions (login required)
Lihat Item |