KHOTIMAH, KHUSNUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN PECAHAN (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDI Darul Huda Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (FULL PAPER)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetah ui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas V pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDI Daarul Huda Kota Tangerang tahun ajaran 2017/2018. Metode yang d igunakan adalah eksperimen dengan pengambilan sampel ditentukan dengan mengambil kelas yang tersedia tanpa melakukan random sampling. penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan cara pengundian, hasil dari pengundian menetapkan kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan ( treatment) . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif inferensial. Sebagai persyaratan dilakukan uji persyaratan yaitu uji n ormalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan Chi Kuadrat dan uji fisher. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t - test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelas eksperimen yaitu 67,95 dengan peningkatan hasil belajar 31,75, se dangkan mean kelas kontrol 54,36 dengan peningkatan hasil belajar 15,72. Berdasarkan analisis data dengan uji - t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung > t tabel (2,32 > 2,021) yang berarti H 0 ditolak. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan pemahaman siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilakukan uji N - gain menggunakan rumus N - Gain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil, untuk kelas eksperimen sebesar 0,52 yang men unjukan peningkatan pemahaman dengan kategori sedang. Kemudian untuk kelas kontrol diperoleh rata - rata N - gain sebesar 0,29 yang menunjukan peningkatan pemahaman dengan kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan pada hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Berdasarkan uji hipotesis dan uji N - Gain tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas V di SDI Daarul Huda Kota Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2018 14:25 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2018 14:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
Lihat Item |