EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (Studi di Kelas X Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang)

NURHASANAH, EVA (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (Studi di Kelas X Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (44kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK DAN LAMPIRAN DEPAN)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (590kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran dikelas yang cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif yang akhirnya menimbulkan kejenuhan terhadap siswa. Hal tersebut berdampak terhadap hasil nilai belajar yang tidak memenuhi standar Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan metode two stay two stray diterapkan di kelas X MA Darul Muqimin Pandeglang pada mata pelajaran SKI? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang pada mata pelajaran SKI? (3) Bagaimana efektivitas penggunaan metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MA Darul Muqimin Pandeglang? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode two stay two stray diterapkan di kelas X MA Darul Muqimin Pandeglang pada mata pelajaran SKI (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Darul Muqimin Pandeglang pada mata pelajaran SKI (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas X MA Darul Muqimin Pandeglang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Data diperoleh melalui hasil tes yaitu pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MA Darul Muqimin Pandeglang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 146 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X A (22 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas X B (22 siswa) sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode two stay two stray pada mata pelajaran SKI mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase rata-rata kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 74.95% sedangkan kelas kontrol 63.25%. Terdapat efektivitas penggunaan metode two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini didapatkan dari hasil uji hipotesis pihak kanan. Diperoleh hasil perhitungan sebesar 6.25 dengan taraf signifikasi 0.05 = 1.721. Karena thitung ≥ ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari penolakan ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar SKI siswa yang menggunakan metode two stay two stray lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2017 12:22
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2017 12:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.