PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Kuasi Eksperimen di Kelas VIII C SMPN 4 Pandeglang)

HASAN, HASAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(Kuasi Eksperimen di Kelas VIII C SMPN 4 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Lainnya (FULL PAPER)
hasan.rar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16MB)

Abstrak

Dalam Pendidikan Agama Islam tentu banyak permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi seperti, kurangnya minat belajar, kenakalan remaja, penurunan prestasi dan lain-lain. Untuk itu, dibutuhkan solusi agar masalah tersebut dapat diatasi, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 4 Pandeglang, apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Pandeglang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mendapatkan data mengenai minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 4 Pandeglang, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 4 Pandeglang dan manfaat Penelitian ini adalah memberikan sumbangsih ide atau gagasan tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament Terhadap Minat Belajar Siswa. Metode yang digunakan peneliti adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden dari 169 populasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa ttable = 2.39 < thitung = 10,90. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 1%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kriteria rendah 22,96%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament, Minat Belajar siswa
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 05 Mar 2018 09:10
Perubahan Terakhir: 05 Mar 2018 09:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.