JUAL BELI YANG DILAKUKAN ANAK KECIL MENURUT EMPAT MAZHAB

MASITOH, SITI (2018) JUAL BELI YANG DILAKUKAN ANAK KECIL MENURUT EMPAT MAZHAB. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (596kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (482kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (402kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (125kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (173kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam melakukan aktivitas jual beli harus mengetahui syarat dan rukunnya, agar jual beli sah menurut syara. Sebagaimana diatur dalam kitab - kitab fiqih. Diantaranya adalah adanya akad dari kedua belah pihak, yakni antara penjual dan pembeli agar adanya unsur keikhlasan, suka sama suka, serta tidak adanya unsur paksaan dari kedua belah pihak. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalahnya yaitu : Pertama , Bagaimana pandangan empat mazhab tentang hukum jual beli yang dilakukan anak kecil?. Kedua bagaimana analisis empat mazhab tentang jual beli yang dilakukan anak kecil menurut hukum Islam?. Tujuan Penelitian Skripsi ini adalah pertama , u ntuk mengetahui bagaimana pandangan empat mazhab tentang hukum jual beli yang di lakukan anak kecil , kedua untuk mengetahui bagaimana analisis empat mazhab tentang jual beli yang dilakukan anak kecil menurut hukum Islam Penelitian ini menggunakan metode library research, yaitu pengumpulan dat a melalui data kepustakaan yang memiliki korelasi pembahasan dengan judul penulis s ert a melalui pendekatan Kualitatif . Analisis Data yang digunakan dengan cara deduktif yaitu mengumpulkan data yang bersifat umum untuk mengambil kesimpulan yang bersifat khusus dan induktif yaitu mengumpulkan data khusus yang ada hubungannya dengan permasalahan yang dibahas, kemudian ditarik kesimpulan dari data tersebut secara umum . Kesimpulan penelitian ini Pertama , Mazhab syafi’i dan Maliki berbeda Pendapat dengan Mazhab Hambali dan Hanafi mengenai jual beli yang dilakukan anak kecil atau yang belum tamyiz, tidak membolehkan karena menurut mazhab maliki dan syafi’i tidak termasuk dalam syarat jual beli, sedangkan menurut mazhab Hambali dan Hanafi membolehkan jual beli ya n g dilakukan anak kecil dengan izin orang tuanya dan yang bernilai remeh sehingga sah saja transaksi tersebut. Kedua, Batas usia seorang anak yang sudah mumayyiz dalam Islam adalah anak yang sudah mencapai usia 7 tahun, pada usia ini seorang anak telah memiliki kemampuan be rfikir dan menggali sebuah informasi didalam otaknya. Menurut banyak ulama, umur yang ditentukan dalam fase ini adalah sejak 7 tahun dan akan berakhir pada usia baligh, sehingga sah hukum jual beli yang dilakukan anak kecil yang telah umayyiz menurut hukum Islam

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): JUAL BELI; MAZHAB
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2018 09:34
Perubahan Terakhir: 23 Feb 2018 09:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.