JAMHARI, JAMHARI (2018) IMPLIKASI PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. IMPLIKASI PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.
|
Teks (JURNAL)
JURNAL IMPLIKASI PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (471kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah Timbulnya pemikiran pembaharuan pendidikan Islam modern, seiring dengan kemunduran dan kerapuhan dunia Islam karena fakto r internal yaitu. Pertama , karena keterbelakangan dan kebodohan umat Islam Indonesia dalam hampir semua kehidupan. Kedua, suasana kemiskinan yang parah yang diderita umat dalam suatu negeri yang kaya seperti Indonesia. Ketiga , kondisi pendidikan Islam yang sudah sangat kuno seperti yang terlihat dalam pesantren. Maka dalam memerangi keterbelakangan masyarakat Islam pada masa itu, dimata KH. Ahmad Dahlan pendidikan diberi prioritas tinggi bila ingin melakukan pembangunan kembali umat Islam. Demikian itu KH A hmad Dahlan menyusun konsep pemikiran pendidikan Islam di Indonesia. Berdasarkan masalah diatas perumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Peran Pemikirian KH Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam di Indonesia?. Dan Penelitian ini bertujuan antara la in: Untuk mengetahui Peran Pemikirian KH. Ahmad Dahlan dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan ( study library ) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekumentasi, dan m enggunakan analisis induktif dan deduktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tujuan pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan merupukan rumusan dari tujuan agama Islam, menurut KH. Ahmad Dahlan, pendidikan Islam hendaknya diarahkan pada usaha membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, alim dalam agama, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan, serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakatnya. Hal ini berarti bahwa pendidikan Islam merupakan upaya pembinaan pribadi muslim sejati yang bertaqwa, baik sebagai „ abd maupun khalifah fil al - ardh . Cara untuk mewujudkan gagasan pemikiran tersebut, KH. Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan muatan kurikulum yang memadukan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama Islam. Dimaksudkan um at Islam dapat mengejar ketertinggalan dengan Bangsa Barat, agar dapat melaksanakan fungsinya sebagai khalifah fi al - ardh , dikarenakan system pendidikan Islam yang ada di Nusantara, output anak - didik tidak mampu bersaing dalam globalisasi dan dinamikan zam an yang berkembang saat itu.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | KH. AHMAD DAHLAN |
Subjek: | 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Feb 2018 07:14 |
Perubahan Terakhir: | 14 Feb 2018 07:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
Lihat Item |