Rochmiyati, Emy (2025) Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_211210066_Cover.pdf Download (128kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (851kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Bab I.pdf Download (543kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (591kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (818kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (772kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Bab V.pdf Download (473kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210066_Daftar Pustaka.pdf Download (516kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan model pembelajaran Inkuiri, mengetahui Tingkat motivasi belajar siswa dan mengetahui sejauh mana pengaruh pendekatan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu dengan desain Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dan angket motiasi belajar. Implementasi model pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi, mencapai 89,47%, dengan 17 dari 19 tahapan terlaksana dengan baik, menunjukkan keterlibatan aktif siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model Inkuiri, dengan rata-rata nilai motivasi mencapai 78,76. Sebanyak 59% siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 35% pada kategori tinggi. Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata motivasi 64,73, dengan sebagian besar siswa (67%) berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran inkuiri, motivasi belajar, pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2025 04:39 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2025 04:39 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17417 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
