Rasikhullah, Ahmad Najid and Ahmad, Lalu Turjiman (2023) Kontradiksi Mushaf Al-Quran Standar Indonesia dari Penulisan Kaidah Imla Hamzah Al-Qath’i & Al-Washli pada Surah Al-Kahfi. ‘Ajamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2). pp. 429-439. ISSN 2657-2206
|
Teks
Kontradiksi Mushaf Al-Quran Standar Indonesia dari Penulisan Kaidah Imla Hamzah Al-Qath’i & Al-Washli pada Surah Al-Kahfi.pdf Download (631kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kontradiktif kaidah imla tentang hamzah qath’i dan washli yang terdapat di mushaf al-Quran standar Indonesia dan peneliti berupaya untuk mengungkap keganjilan tersebut pada surat al Kahfi. Tampak sekilas bahwa penerapan kaidah imla hamzah qath’i dan washli pada mushaf al-Quran standar Indonesia tidak begitu ketat, padahal hamzah qath’i dan washli dalam kaidah imla memiliki tempat teristimewa dalam sistem penulisan bahasa Arab. Penyimpangan ini dapat menimbulkan pembaca terjebak dalam salah baca pada ayat tersebut, karena tidak ada perbedaan penulisan antara hamzah qath’i dan washli secara gamblang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Selanjutnya metode analisis yang digunakan ialah kaidah analisis isi (content analisys). Dari hasil penelitian menunjukkan pada surat al-Kahfi di mushaf standar Indonesia terdapat 116 kata yang mengalami penyimpangan kaidah imla yang didominasi oleh isim sebanyak 52, fi’il sebanyak 44 dan huruf sebanyak 20. Hal demikian ini dikarenakan pilihan kecenderungan negara, percetakan dan mazhab dalam penulisan al-Quran.
| Tipe Item/Data: | Artikel |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Mushaf Al Quran Standar Indonesia, Kaidah Imla, Hamzah Qath’i Washli, Al Kahfi |
| Subjek: | 400 Bahasa > 410 Linguistik |
| Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2025 04:06 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2025 04:06 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17412 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
