Konsep Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila

Ukail, Zulfadli Abdani (2024) Konsep Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210029_Cover.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_Lampiran Depan.pdf

Download (893kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Teks
S_PAI_201210029_Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi Profil Pelajar Pancasila dengan konsep pendidikan Islam Imam Al-Ghazali. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa Al-Ghazali adalah salah satu tokoh pendidikan Islam yang terkenal di dunia termasuk di Indonesia karena memiliki konsep pendidikan yang dianggap relevan dengan kebutuhan manusia sebagai subjek dan objek pendidikan, disisi lain lahirnya Profil Pelajar Pancasila yang juga berhubuungan dengan pendidikan di Indonesia, dan keduanya berkaitan dengan karakter yang ingin dicapai melalui pendidikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan meotde penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research), dengan mengkaji salah satu kitab karangan Imam Al-Ghazali sendiri yaitu kitab Ihya ‘Ulumuddin dan Profil Pelajar Pancasila yang diambil langsung dari halaman website kemendikbud itu sendiri sebagai sumber primer, sedangkan untuk sumber sekunder diambil dari berbagai literatur hasil karya ahli pendidikan, seperti buku, jurnal, kitab, maupun hasil penelitian. Hasil analisis data penelitian ini bahwa konsep pendidikan Imam Al-Ghazali memiliki hubungan yang relevan pada lima aspek pendidikan yakni pendidikan keimanan, pendidikan akal, pendidikan akhlak, pendidikan sosial, dan pendidikan jasmani dengan elemen Profil Pelajar Pancasila, baik dari segi iman dan taqwa, kolaborasi sosial, mandiri individual, bernalar kritis, maupun kreativitas. Semua unsur ini memiliki landasan filosofis yang serumpun dengan pandangan Al-Ghazali tentang pembentukan karakter dan kompetensi individu. Meski ada sedikit perbedaan detail, esensinya masih tetap relevan dan dapat digunakan sebagai pedoman dalam pendidikan sosial modern.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Islam, Imam Al-Ghazali, Profil Pelajar Pancasila
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Jun 2025 04:42
Perubahan Terakhir: 10 Jun 2025 04:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16957

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.