Muhsin, Muhammad Syaripuddin (2024) Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Kearifan Lokal terhadap Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi di SMPN 10 Cipocok Jaya Kota Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210102_Cover.pdf Download (193kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Lampiran Depan Download (871kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Bab I.pdf Download (183kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (629kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (509kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (90kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Bab V.pdf Download (90kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210102_Daftar Pustaka.pdf Download (254kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peserta didik yang kurang paham tentang kearifan lokal yang ada di daerah Banten serta kurangnya karakter ketaqwaan siswa terhadap lingkungan sehari-hari sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa Bagaimana penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 10 Cipocok Jaya Kota Serang Banten, Bagaimana karakter siswa SMPN 10 Cipocok Jaya Kota Serang Banten,dan apakah terdapat pengaruh penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap karakter siswa di SMPN 10 Cipocok Jaya Kota Serang Banten Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proyek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal terhadap karakter siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 10 Cipocok Jaya Kota Serang Banten. Manfaat penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian yang akan datang dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu sebuah pendekatan penelitian yang merupakan sebuah penelitian yang menggunakan angka dalam penelitiannya, dan pada penelitian ini menggunakan kueisioner dalam instrument penelitiannya. Hasil dari penelitian ini yaitu yang pertama penerapan projek penguatan profil pancasila ada tujuh langkah yaitu memahami projek penguatan profil pelajar, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila, mengelola projek penguatan profil pancasila, mengelolah asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar pancasila, mengelolah dan mengoreksi hasil asesmen, serta menyusun rapor projek penguatan profil pelajar pancasila, dan evaluasi dan tindak lanjut proyek penguatan profil pelajar pancasila. Setelah diuji tes dinyatakan valid karena pre test dan post test banyak yang valid dalam soalnya, tes dinyatakan relevan karena alpha lebih besar dari 0,60, tes dinyatakan normal karena memiliki nilai signifikansi diatas 0,5. Dan setelah dilakukan uji t didapatkan berpengaruh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Projek penguatan profil pelajar Pancasila, kurikulum merdeka, karakter siswa |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 02:15 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2025 02:15 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16942 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
