Hakiki, Firman (2018) Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Peningkatan Prestasi Belajar (Studi Kasus di SMPN 1 Atap Pulo Tunda Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER AN LAMPIRAN DEPAN)
Cover dan Lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (580kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI BAB I-V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan adalah usaha terencana untuk proses belajar agar peserta didik mengemabangkan potensi dirinya, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perkembangan moderen banyak menimbulkan berbagai masalah yang menyangkut kompleksnya persaingan antara individu, dan sebagainya. Untuk mengata si sesuatu masalah para siswa di sekolah perlu kiranya layana bimbingan dan konseling, seperti masalah penyesuaian diri, masalah pemilihan pendidikan, masalah hubungan sosial, masalah keluarga, masalah keuangan, dan masalah - masalah pribadi. Penelitian ini dilakukan berdasarakan rumusan masalah: 1) Bagaimana kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SMPN 1 Atap Pul o Tunda? 2) Bagaimana Prestasi belajar siswa di SMPN 1 Atap Pul o Tunda? 3) Apakah Ada hubungan Layanan Bimbingan dan konseling Terhadap Hasil/ P restasi belajar siswa SMPN 1Atap Pul o Tunda?. Adapun Tujuannya antara lain: 1) Untuk mengetahui kegiatan layanan bimbingan dan kosneling di SMPN 1 Atap P ul o Tunda, 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa di SMPN 1 Atap Pul o Tunda, 3) Untuk mengetahui Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap hasil/Prestasi Belajar Siswa.Dalam studi korelasi ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi produk moment. Teknik ini adalah teknik yang biasa digunakan untuk mencari hubungan yang signifikan antara dua veriabel. Ada dua variabel dalam penelitian ini, bimbingan dan kosneling sebagai independen variabel atau variabel X, dan prestasi belajar siswa sebagai independen variabel atau variabel Y. Berdasarkan has il statistic, didapatkan nilai to (Thitung) yaitu sebesar 119,05 dan tt (t tabel) Sebesar 24,7 dari df (24) pada taraf signifikansi 5 %. Dari hasil tersebut jelas bahwa nilai to lebih tinggi dari pada nilai tt. Selanjutnmya ditarik kesimpulan bahwa hipotes is nihil (Ho), yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar, ditolak. Itu berarti hipotesis alternatif (Ha) yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan layan an bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar, diterima
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2018 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 03:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1689 |
Actions (login required)
Lihat Item |