TANGKIYAH, TANGKIYAH (2017) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA (Studi Kasus di SMAN 4 Kota Cilegon). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
0 Cover dll Tangkiyah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 Bab I-V Tangkiyah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (455kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
ABSTRAK Tangkiyah, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa SMAN 4 Kota Cilegon. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pascasarjana. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2016. Kepribadian merupakan karakteristik yang sangat unik yang dimiliki oleh seseorang, dalam pengembangannya kepribadian dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah peran guru. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan kepribadian siswa di SMAN 4 Kota Cilegon, peran guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam pengembangan kepribadian siswa, kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam pengembangan kepribadian siswa, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling dalam pengembangan kepribadian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan dengan wawancara, observasi, domukentasi dan angket sebagai data pendukung. Teknik analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, keabsahan data dengan triangulasi dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini bahwa secara umum kepribadian siswa SMAN 4 Kota Cilegon dari aspek kepribadian jujur, disiplin, tanggung jawab, tolernsi, dan suka menolong adalah baik. Peran telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam, yaitu peran sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, pengarah, penilai, evaluator dan juga sebagai motivator. Dan peran Guru Bimbingan Konseling adalah melakukan berbagai layanan, yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling, layanan bimbingan kelompok, layanan konerensi kasus dan layanan dengan papan bimbingan.Dan berkolaborasi dengan para guru,orang tua dan pihak-pihak terkait. Kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam adalah mengevaluasi program. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru Bimbingan Konseling hanya satu guru yang memiliki kompetensi sebagai guru Bimbingan dan Konseling, juga belum terjadwal untuk bisa masuk kelas, Upaya yang telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling lain adalah : meningkatkan pengamalan siswa mengenai nilai-nilai ajaran Islam yang dapat mengembangkan kepribadian siswa yang baik, melaksanakan berbagai layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Kepribadian siswa, peran guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kepribadian siswa, peran guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan Konseling. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Mar 2017 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 14 Mar 2017 02:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
Lihat Item |