Dhiyaulhaq, Muhammad Ilham (2024) Peran Perbankan Syariah dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_191420019_Cover.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420019_Lampiran Depan.pdf Download (4MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420019_Bab I.pdf Download (653kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_191420019_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (575kB) |
||
Teks
S_PBS_191420019_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (616kB) |
||
Teks
S_PBS_191420019_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (511kB) |
||
|
Teks
S_PBS_191420019_Bab V.pdf Download (281kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_191420019_Daftar Pustaka.pdf Download (413kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Diantaranya berperan dalam pertumbuhan ekonomi, menjaga kestabilan perekonomian, dan penyerapan tenaga kerja, Namun, banyak perkembangan UMKM masih terbatas pada modal sehingga perlu adanya pembiayaan untuk mendukung perkembangan tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran perbankan syariah dalam mengembangkan UMKM, kendala bank syariah dalam mengembangkan UMKM, serta upaya yang dilakukan bank syariah untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada Bank Syariah Indonesia KCP Serang. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti hasil yang diperoleh yaitu : Pertama, Bank Syariah Indonesia memiliki peran dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan modal pada UMKM melalui program pembiayaan serta meringankan dan mempermudah UMKM dalam mendapatkan pembiayaan. Kedua, kendala yang dihadapi oleh Bank Syariah Indonesia dalam mengembangkan UMKM tersebut diantaranya kemampuan nasabah dalam melakukan pengembalian angsuran pembiayaan, minimnya kerjasama pihak bank dengan pemerintah daerah, dan tidak adanya pendampingan secara langsung terhadap UMKM. Ketiga, upaya yang dilakukan Bank Syariah Indonesia untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi yaitu dengan melakukan edukasi kepada para pelaku UMKM, melakukan promosi, dan melakukan restrukturisasi pembiayaan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), bank syariah |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 19 Nov 2024 07:38 |
Perubahan Terakhir: | 19 Nov 2024 07:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15760 |
Actions (login required)
Lihat Item |