Strategi Komunikasi Dakwah Kyai. Agus Rahmat Dalam Membentuk Karakter Santri (Studi di Pondok Pesantren Manbaululum Kecamatan Serang, Kota Serang)

Irawan, Eki (2024) Strategi Komunikasi Dakwah Kyai. Agus Rahmat Dalam Membentuk Karakter Santri (Studi di Pondok Pesantren Manbaululum Kecamatan Serang, Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510120_COVER.pdf

Download (43kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510120_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (568kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510120_BAB I.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510120_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (534kB)
[img] Teks
S_KPI_181510120_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img] Teks
S_KPI_181510120_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (291kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510120_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510120_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Strategi komunikasi dakwah pada praktiknya memerlukan penjabaran dan pemaparan yang lebih luas, di tengang gelombang zaman modern saat ini, amak-anak muda khususnya oleh perkembangan zaman banyak yang tergerus sikap dan pola pikirnya. Oleh sebab itu dakwah sangatlah penting sebagai ajakan kebaikan untuk merubah karakter seseorang yang mulanya buruk sikapnya dirubah menjadi baik. Maka dalam dakwah itu sendiri, dari sisi strateginya haruslah tepat agar bisa mencapai tujuan yang baik. Namun setiap da’i mempunyai strategi yang berbeda-beda. Seperti halnya dakwah Kyai Agus Rahmat dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren Manbaululum. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi dakwah Kyai Agus Rahmat dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Manbaululum? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat komunikasi dakwah Kyai Agus Rahmat di pondok pesantren Manbaululum? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah Kyai Agus Rahmat dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Manbaululum: 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses dakwah Kyai Agus Rahmat di pondok pesantren Manbaululum. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 hingga bulan Maret 2023, dengan jumlah responden pada peneltian ini adalah empat orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan strategi komunikasi dakwah yang diterapkan oleh Kyai Agus Rahmat di pondok pesantren Manbaululum Kesuren: 1) Strategi melalui majlis taklim: 2) Strategi melalui majlis dzikir: 3) Strategi melalui amalan puasa: 4) Strategi melalui praktik pengobatan. Begitupun dengan faktor penghambat dan pendukungnya. Faktor pendukung : 1) Aadanya dukungan dari masyarakat: 2) Aadanya dukungan pemerintah TNI maupun POLRI: 3) Adanya kebijakan adnministrasi. Faktor penghambat: 1) Kurangnya sumber daya manusia seperti ustad sebagai badal atau pembantu dakwah: 2) Kurangya sarana prasarana seperti infrastukrur bangunan majlis taklim, dan pendopo-pendopo pondok dalam menunjang kegiatan dakwah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi, Komunikasi, Dakwah, Karakter, Pondok Pesantren dan Santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.21 Fungsionaris da’wah, wali, ulama, kiai, dai
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Nov 2024 08:05
Perubahan Terakhir: 13 Nov 2024 08:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.