KONSEP PARIWISATA DALAM AL-QURAN (STUDI TEMATIK KITAB TAFSIR HAMKA)

TRISNAWATI, AYU (2018) KONSEP PARIWISATA DALAM AL-QURAN (STUDI TEMATIK KITAB TAFSIR HAMKA). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
0. cofer.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (210kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (120kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dewasa ini, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa berwisata identik dengan kegiatan yang berbau negatif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tempat wisata yang menyediakan berbagai tempat, sarana dan prasarana yang dapat memicu terjadinya kegiatan berbau negatif tersebut. Namun hal ini akan menjadi lain ketika seorang manusia mengaitkan perjalanan wisatanya dengan tujuan ibadah. Tentunya dampak yang dihasilkan akan luar biasa baik untuk perubahan jiwa yang lebih sempurna dengan cara pembenahan akhlak. Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis mengajukan rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana pariwisata secara umum? 2) Bagaimana tujuan pariwisata dalam Alquran; dan 3) Bagaimana konsep pariwisata dalam Alquran menurut tafsir al-Azhar?. Maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pariwisata secara umum, (2) untuk mengetahui tujuan pariwisata dalam Alquran, dan (3) untuk mengetahui konsep pariwisata dalam Alquran menurut tafsir al-Azhar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka (Library Research), Dalam rangka pengumpulan data penulis mengumpulkan data-data tentang pariwisata yang terdapat pada tafsir al-azhar karya Buya Hamka, membaca buku-buku, dan dokumen yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Pariwisata dalam pandangan umum memiliki definisi sebagai perjalanan darma wisata seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan maksud dari kunjungan wisatanya bukan untuk kegiatan ekonomi, serta bukan untuk tinggal, 2) Tujuan pariwisata dalam Alquran tidak lain adalah wisata sebagai sarana ibadah, sebagai pembelajaran (wisata dikaitkan dengan ilmu dan pengetahuan), sebagai sarana menyebarkan agama Allah (wisata dalam Islam adalah berdakwah), dan yang terakhir adalah sebagai saran merenungi anugrah keindahan ciptaan Allah SWT, sebagai pendorong jiwa manusia untuk menguatkan keimanan terhadap keesaan Allah SWT., dan 3) Konsep pariwisata menurut tafsir al-Azhar yakni pariwisata dianjurkan agar memperhatikan kebesaran Allah, sebagai pelajaran yang baik dan buruk, dan pelajaran dari umat terdahulu (sejarah).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): TAFSIR HAMKA
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.2 Al-Quran dan terjemahnya
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 19 Jan 2018 01:30
Perubahan Terakhir: 19 Jan 2018 01:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.