Efektivitas dan Produktifitas Penerima Manfaat Melalui Program Mekaar di Kelurahan Sukabumi Selatan Kota Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta

Pramaswari, Alifia (2024) Efektivitas dan Produktifitas Penerima Manfaat Melalui Program Mekaar di Kelurahan Sukabumi Selatan Kota Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PMI_201530054_Cover.pdf

Download (316kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Lampiran Depan.pdf

Download (891kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Bab I.pdf

Download (561kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (758kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (749kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (845kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Bab V.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_PMI_201530054_Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstrak

Kesuksesan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masyarakat menjadi salah satu tujuan utama pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Pemerintah daerah bertanggung jawab untuk mengembangkan kebijakan untuk melaksanakan pembangunan ekonomi inovatif bagi usaha kecil dan menengah lokal. PNM adalah lembaga yang melatih pemilik usaha kecil dan berfungsi sebagai alat taktis pemerintah untuk memperluas ketersediaan modal di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efek dan produktivitas program pembiayaan masyarakat melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan kegiatan di PNM Mekaar Sukabumi Selatan. Fokus penelitiannya adalah membina dan meningkatkan kemandirian ekonomi ibu rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive dalam memilih informan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan model yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini dimulai pada bulan Desember – Januari 2024. PNM Mekaar Sukabumi Selatan menjalankan berbagai peran dalam pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, khususnya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi ibu rumah tangga Peran Fasilitatif, Peran Pendidikan, Peran Perwakilan, Peran Teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Mekaar yang dilaksanakan PNM Mekaar Sukabumi Selatan mampu memberdayakan ibu rumah tangga UMKM secara efektif, meningkatkan keterampilan, kemandirian ekonomi, meningkatkan jaringan usaha, akses permodalan dan sumber daya. PNM Mekaar Sukabumi selatan berperan penting dalam pemberdayaan perekonomian ibu rumah tangga melalui UMKM. Dengan adanya fasilitasi, edukasi, representasi dan peran teknis, program Mekaar berhasil meningkatkan kemandirian ekonomi ibu rumah tangga. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan komprehensif dalam pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kemandirian ekonomi berkelanjutan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pemberdayaan UMKM, program Mekaar, produktivitas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 350 Administrasi publik & ilmu militer > 354 Departemen Perekonomian Kelaskan di sini Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
Divisi: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 15 Aug 2024 08:15
Perubahan Terakhir: 15 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.