Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Hidayat, Wahyu and Gunawan, Agus and Mulyosaputro, Purnomo and Gunawan, Wawan and Vitisia, Vita (2024) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Irfani: jurnal pendidikan islam, Vol.20. pp. 20-27. ISSN P-ISSN 1907-0969 E-ISSN 2442-8272

[img] Teks
Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.pdf

Download (423kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru. Sebagai fokus utama dari penelitian ini adalah memberikan mendefinisikan kepemimpinan transformasional, mengidentifikasi kriteria utama dalam kepemimpinan transformasional, serta mengevaluasi bagaimana gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan kinerja guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data didapat melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, dan staf tata usaha atau staf administratif di beberapa madrasah. Analisis data dilakukan secaratematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dan kinerja guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Gaya kepemimpinan ini memiliki dimensi pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Kepala madrasah yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional cenderung mampu memberikan motivasi yang tinggi kepada guru, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dapat memberikan inovasi dan kreativitas, serta memperhatikan kebutuhan individu guru.Berdasarkan hal tersebut, gaya kepemimpinan transformasional terbukti efektif dalam mengelola sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja organisasi madrasah secara keseluruhan.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): kepemimpinan transformasional, kepala madrasah, kinerja guru, pendidikan nasional.
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 25 Jul 2024 04:02
Perubahan Terakhir: 25 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.