Layanan Informasi tentang Prophetic Parenting kepada Orang Tua dalam Membentuk Karakter Islam pada Anak (Studi di Majelis Taklim Tarbiyatus Sa’adah)

Soliha, Iip Hilyatu (2024) Layanan Informasi tentang Prophetic Parenting kepada Orang Tua dalam Membentuk Karakter Islam pada Anak (Studi di Majelis Taklim Tarbiyatus Sa’adah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_171340149_Cover.pdf

Download (268kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Lampiran Depan.pdf

Download (474kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Bab I.pdf

Download (379kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Bab V.pdf

Download (252kB)
[img] Teks
S_BKI_171340149_Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB)

Abstrak

Anak merupakan anugerah terbesar yang Allah amanahkan kepada orang tua dan wajib disyukuri. Oleh karena itu setiap orang tua memiliki kewajiban menjaga anak mereka sebaik mungkin. Tidak cukup dengan menjaga saja tetapi orang tua juga berkewajiban mendidik, membimbing dan melindungi anak-anaknya sejak mereka berusia dini dengan tujuan menjadikan mereka generasi yang saleh dan salihah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan layanan informasi tentang prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan informasi tentang prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak? 3) Bagaimana hasil layanan informasi tentang prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi tentang Prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak? 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan layanan informasi tentang Prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak. 3) Untuk mengetahui hasil layanan informasi tentang prophetic parenting kepada orang tua dalam membentuk karakter Islam pada anak? Penelitian ini dilaksanakan di Majelis Taklim Tarbiyatus Sa’adah dengan 2 orang informan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Pengurus majelis akan mencari ustaz yang bersedia mengenai layanan informasi yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pemberian materi diberikan menggunakan metode ceramah. 2) Faktor pendukung: a) lingkungan, lingkungan ini dimaksudkan adalah budaya di sana sangat terbuka dengan adanya kegiatan ngaji atau layanan informasi ini. b) jamaah, salah satu pengurus majelis menilai bahwa jamaah selalu antusias dalam kegiatan ini. c) tempat, tempat pelaksanaan layanan informasi dinilai nyaman oleh para jamaah, begitu pun dengan d) waktu, waktu pelaksanaan layanan informasi ini disesuaikan dengan kesibukan para jamaah. Faktor penghambat dalam layanan informasi adalah sama dengan faktor pendukungnya, yaitu: lingkungan, jamaah, tempat, dan waktu. 3) Beberapa orang tua mencoba menerapkan apa yang sudah dijelaskan oleh ustadz mengenai prophetic parenting, walaupun pada penerapannya tidak langsung sesuai dengan harapan orang tua.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): prophetic parenting, orangtua, karakter islam, anak
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 22 Jul 2024 03:50
Perubahan Terakhir: 22 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14927

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.