Khoiruman, Khoiruman (2024) Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem zonasi (studi di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_HTN_201120094_COVER.pdf Download (95kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HTN_201120094_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (436kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HTN_201120094_BAB I.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_HTN_201120094_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (437kB) |
||
Teks
S_HTN_201120094_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (376kB) |
||
Teks
S_HTN_201120094_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (331kB) |
||
|
Teks
S_HTN_201120094_BAB V.pdf Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_HTN_201120094_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikanl merupakan salahl satu pilarl fundamental dalam kemajuanl suatu bangsa, yang secara signifikan memengaruhi peningkatan kualitasl sumber dayal manusia suatul negara. Demi mencapai cita-cita peningkatanl kualitas sumberl daya manusial ini, diperlukan pemerataan Pendidikan tiap-tiap daerah. Pemerintahl melalui Kementrian Pendidikanl dan Kebudayaanl menuangkannya dengan menerapkan Permendikbud Nomorl 1 Tahun 2021 tentangl Penerimaan Pesertal Didik Barul Dengan Sistem Zonasi. Dalam regulasi ini diatur beberapa jalur, salah satunya zonasi. Namun, dalam praktiknya zonasi sendiri masih banyak kecurangan seperti ketidakadilan jarak, dan juga penyuapan oleh wali murid. Berdasarkan latar belakang tesebut,skripsi ini mengangkat dua rumusan masalah : (1) Bagaimana Penerapan Permendikbud Nomor 1 Tahunl 2021 tentang Penerimaan Peserta Didi Baru dengan Sistem Zonasi di Dinas Pendidikan Kota Serang ? (2) Bagaimana analisis Maslahah Mursalah terkait Penerapan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Sistem Zonasi tersebut? Tujuanl penelitian inil adalah untukl menganalisis implementasil dari regulasi tersebut dan menganalisisnya dari segi maslahah mursalah. Metodel penelitian yangl digunakan adalahl normative-empiris, dengan melakukan wawancara untuk mengetahui implementasi dari Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 di Kota Serang. Metode Pendekatan empiris yakni pendekatan pengamatan dimana dipakai guna menjabarkan keadaan yang diamati di lokasi dengan apa adanya Pendekatan empiris pula bisa memberi kerangka pembuktian maupun uji guna memastikan sebuah keabsahan. Pendekatan empiris ini harapannya bisa menggali data serta informasi dengan maksimal mengenai analisis Maslahah Mursalah terhadap penerapan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkanl bahwa implementasil Permendikbud Nomor 1l Tahun 2021 dil Kota Serang sudahl berjalan sesuai regulasinya dan sesuai dengan kaidah-kaidah Maslahah Mursalah. Meskipun mendapatkan hasil positif, pemerintah juga harus memperhatikan lebih lanjut terkait tantangan mengenai sekolah favorit agar setiap sekolah mampu menunjukkan kelebihan dan pencapaiannya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Maslahah Mursalah, Penerapan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Jalur Zonasi. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 348 peraturan & kasus > 348.01 Rencana Undang-undang, Rancangan Undang-undang |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 11 Jul 2024 03:55 |
Perubahan Terakhir: | 22 Jul 2024 03:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14857 |
Actions (login required)
Lihat Item |