تطوير صندوق‌ بطاقة‌ منبثقة في تعليم‌ المفردات‌ (بحث‌ تطويري‌ في الصف‌ الثامن‌ بمدرسة‌ روضة‌ الفلاح المتوسطة الإسلامية تانجيرانج)

Barkah, Dedeh (2024) تطوير صندوق‌ بطاقة‌ منبثقة في تعليم‌ المفردات‌ (بحث‌ تطويري‌ في الصف‌ الثامن‌ بمدرسة‌ روضة‌ الفلاح المتوسطة الإسلامية تانجيرانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBA_161220109_Cover.pdf

Download (250kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (658kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (640kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (819kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_PBA_161220109_Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB)

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dihadapi siswa dalam pengajaran bahasa Arab dipengaruhi oleh pemahaman siswa terhadap bahasa Arab itu sendiri, khususnya pemahamannya terhadap pembelajaran kosakata. Salah satu penyebab mereka tidak paham, tidak menguasai kosa kata, merasa bosan, dan tidak aktif dalam pembelajaran adalah karena guru mengajar tanpa menggunakan metode pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh bahan zat tertentu dan menguji efektivitasnya. Dalam mengembangkan fasilitas roda pemintal sebagai produknya, peneliti menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono. Penelitian ini menggunakan 10 langkah, dan untuk memaksimalkan penelitian maka peneliti dibagi menjadi 6 langkah yaitu: analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produksi, validasi produksi, perbaikan produksi, dan uji coba produksi. Dari pemaparan data dan permasalahan, peneliti akan menjelaskan kesimpulan pengembangan metode pendidikan kotak kartu pop-up, dalam menganalisis data dan kebutuhan peneliti dalam menganalisis potensi pengembangan pembelajaran bahasa Arab dan permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran bahasa arab, dengan menganalisis permasalahan tersebut maka peneliti dapat menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Setelah menganalisis data dan permasalahan, peneliti mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian dan beberapa data hasil observasi dan wawancara, adapun data yang dikumpulkan merupakan hasil wawancara dengan guru bahasa arab dan wawancara dengan siswa yang mencakup aspek-aspek dari penelitian. proses belajar bahasa arab. Dari rangkaian langkah pengembangan di atas, hasil eksperimen produksi setelah eksperimen terakhir meningkatkan nilai penguasaan kosakata siswa kelas VIII di mMTs Raudlatul Falah Tangerang. Hasil akhir mereka sangat bagus, dengan rata-rata hasil akhir 71%. Peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan metode edukasi dengan pop-up box card berarti sebesar 16,5%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran Pop-up Card Box dimungkinkan karena telah dilakukan evaluasi oleh ahli materi pelajaran dan ahli metode pengajaran, kemudian dikatakan metode pengajaran Pop-up Card Box dimungkinkan karena adanya eksperimen di kelas menghasilkan dampak positif pada siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Jun 2024 07:42
Perubahan Terakhir: 24 Jun 2024 07:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.