Konsiliasi Penetapan Uang Hantaran dalam Adat Peminangan (Studi di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang)

Lazuardi, Sefti (2024) Konsiliasi Penetapan Uang Hantaran dalam Adat Peminangan (Studi di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110126_Cover.pdf

Download (513kB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Bab I.pdf

Download (840kB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (741kB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (876kB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Bab V.pdf

Download (469kB)
[img] Teks
S_HKI_191110126_Daftar Pustaka.pdf

Download (701kB)

Abstrak

Dalam menjalankan tradisi uang hantaran, terlihat beberapa kejanggalan yang tidak sesuai dengan ajaran syariat islam, salah satu masalah yang mencolok adalah penetapan uang hantaran yang cukup tinggi yang akhirnya dapat memberatkan pihak laki-laki yang ingin meminang wanita dari keluarga tersebut. Adanya tradisi ini bagi beberapa orang dianggap sebagai penyebab sulitnya seseorang untuk menikah lantaran tidak dapat memenuhi permintaan tersebut sehingga nantinya pernikahan itu ditunda dan juga tradisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan seseorang untuk berbuat zina lantaran sulitnya untuk menikah. Perumusan Masalah dari penelitian ini adalah :1) Bagaimana praktik penetapan uang hantaran dalam adat peminangan di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang? 2) Bagaimana tata cara konsiliasi penetapan uang hantaran dalam adat peminangan di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang ? Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui praktik penetapan uang hantaran dalam adat peminangan di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang 2) Untuk mengetahui tata cara konsiliasi penetapan uang hantaran dalam adat peminangan di Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, dan penelitian ini bersifat Deskriptif Analisis, adapun teknik pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah praktik penetapan uang hantaran di Desa Sukamah dilakukan secara mufakat dan berdasarkan kesanggupan dari pihak laki-laki serta terdapat beberapa proses yang harus di jalani dalam adat peminangan yaitu melamar, ngolotkeun, dan upacara seserahan. Dalam mengatasi perbedaan keinginan atas berapa jumlah uang yang harus diberikan oleh pihak laki-laki kepada perempuan, maka dilakukanlah konsiliasi sebagai solusi dari adanya permasalahan tersebut. Adapun proses yang harus dilalui dalam konsiliasi ada lima tahap yaitu tahap persiapan, tahap pembukaan, tahap indentifikasi masalah, tahap penyelesaian, tahap penutupan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konsiliasi, Penetapan Uang Hantaran Nikah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah > 2x4.313 Mahar
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2024 03:51
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2024 03:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.