Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Implementasi Akad Mudharabah Dalam Simpanan Berjangka Rabani di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang.

Anisa, Kamilia (2024) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Implementasi Akad Mudharabah Dalam Simpanan Berjangka Rabani di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130110_COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_191130110_BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (524kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (420kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Teks
S_HES_191130110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB)

Abstrak

Simpanan berjangka adalah simpanan yang ditentukan jangka waktu penyetoran dan penarikannya, serta jumlah uang yang disetorkan harus sesuai dengan kesepakatan di awal, akad yang digunakan dalam simpanan berjangka adalah akad mudharabah, akad kerjasama dengan bagi hasil dari keuntungan jumlah uang yang disimpan. Akan tetapi tidak semua praktik akad dalam koperasi syariah terikat dengan satu ketentuan saja, seperti contohnya di koperasi syariah rabani. Maka dari itu dalam skripsi ini penulis menganalisis dari ketentuan yang ada dalam Hukum Ekonomi Syariah terhadap implementasi akad mudharabah pada simpanan berjangka rabani di koperasi syariah cabang Pakuhaji kabupaten Tangerang. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Praktik Simpanan Berjangka Rabani Menggunakan Akad Mudharabah Di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang? 2) Bagaimana Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Implentasi Akad Mudharabah Dalam Simpanan Berjangka Rabani Di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang ? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Praktik Simpanan Berjangka Menggunakan Akad Mudharabah Di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang, 2) Mengetahui Analisis Dari Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Implemntasi Akad Mudharabah Dalam Simpanan Berjangka Rabani Di Koperasi Syariah Cabang Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif empiris, yang bertujuan untuk melakukan deskripsi dengan mengungkapkan suatu masalah atau suatu keadaan tertentu, sehingga dapat menyampaikan refleksi secara konkret tentang kejadian yang nyata yang terjadi dari objek yang sedang diamati perihal masalah yang ada, dan menganalisis data menggunakan teknik komparatif, yakni penelitian hukum dengan melihat perbandingan dalam Hukum Ekonomi Syariah seperti Fatwa DSN-MUI, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) dan Fiqih Muamalah. Hasil yang diperoleh dari temuan penelitian diantaranya: pertama, praktik simpanan berjangka rabani menggunakan akad mudhrabah belum menyesuaikan dengan syarat dalam Hukum Ekonomi Syariah. Kedua: adanya perbedaan antara kesesuaian dalam ketentuan nisbah bagi hasil dengan angka persentase.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kad mudharabah, simpanan berjangka, Hukum Ekonomi Syariah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2024 03:32
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2024 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.