Perspektif Hukum Islam Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah (Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani dan Muhammad Quraish Shihab)

Maulana, Muhammad Firman (2024) Perspektif Hukum Islam Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah (Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani dan Muhammad Quraish Shihab). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110116_COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (490kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (209kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (349kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Teks
S_HKI_191110116_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstrak

Dengan adanya perkembangan zaman modernisasi, laki-laki dan perempuan sangat mudah dalam berkomunikasi tanpa mengenal kalangan muda maupun tua. Bahkan dengan adanya gadget yang selalu ada disampingnya dapat terjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan. Di zaman yang berbeda dengan Syekh Nawawi Al-Bantani dan juga Muhammad Quraish Shihab mengenal calon suami dan isteri perlu adanya beberapa tahapan yang harus dilakukan agar menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmat. Permasalahan ini perlu ditinjau dari berbagai pandangan ulama dalam proses pembentukan keluarga sakinah. Untuk membatasi permasalah yang dibahas, penulis merumuskan beberapa masalah, diantaranya: 1) Bagaimana pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani tentang proses pembentukan keluarga sakinah dalam perspektif hukum Islam? 2) Bagaimana pemikiran Muhammad Quraish Shihab tentang proses pembentukan keluarga sakinah dalam perspektif hukum Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami proses pembentukan keluarga sakinah menurut Syekh Nawawi Al-Bantani dalam perspektif hukum Islam dan untuk mengetahui dan memahami proses pembentukan keluarga sakinah menurut Muhammad Quraish Shihab dalam perspektif hukum Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, dengan jenis penelitian pustaka (Library Research). Teknik yang digunakan penulis ialah dengan melihat dokumen dan bahan-bahan pustaka dan analisis yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini ialah 1) Menurut pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani dalam proses pembentukan keluarga sakinah sebelum menikah perlu mempertimbangkan hal lima hal ini, yakni iffah (mampu menjaga diri dari kefasikan), terbebas dari segala aib pernikahan, merdeka, nasab, dan hirfah (pekerjaan). Adapun setelah menikah dapat terpenuhi empat pasal ini, yakni hak-hak isteri, hak-hak suami, menjaga kehormatan, dan menjaga pandangan. 2) Menurut pemikiran Muhammad Quraish Shihab dalam proses pembentukan keluarga sakinah harus melewati beberapa langkah, yakni pemilihan pasangan, keseimbangan, kasih sayang, memahami tujuan pernikahan, dan menjaga keluarga.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): eluarga Sakinah, Syekh Nawawi Al-Bantani, Muhammad Quraish Shihab
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.302 Bimbingan perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 05 Jun 2024 04:50
Perubahan Terakhir: 05 Jun 2024 04:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14640

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.