Tinjauan Fiqih Muamamalah Terhadap Praktik Nyambut Penggarapan Sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang

Izzati, Novia Nurul (2024) Tinjauan Fiqih Muamamalah Terhadap Praktik Nyambut Penggarapan Sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_201130001_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Lampiran Depan.pdf

Download (310kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Bab I.pdf

Download (347kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (186kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (371kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Bab V.pdf

Download (10kB)
[img] Teks
S_HES_201130001_Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstrak

Warga Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang memiliki beberapa model kerjasama dalam hal mengelola lahan pertanian mereka. Pertama, dapat mengelolanya sendiri oleh si pemilik lahan, yang mana pemilik lahan tersebut mengeluarkan biayanya sendiri serta tenaganya untuk mengelola lahannya. Kedua, dengan meminjamkan lahan tersebut kepada petani sebagai pengelola untuk di garap oleh petani tersebut yang nantinya hasil dari penggrapan lahan tersebut dibagi berdasarkan konsep kontrak yang disepakati. Model pengelolaan yang kedua inilah yang dinamakan dengan sistem nyambut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana praktik nyambut penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang? 2). Bagaimana sistem bagi hasil nyambut dalam penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang? 3). Bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap sistem bagi hasil nyambut dalam penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang? Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui praktik nyambut penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. 2). Mengetahui sistem bagi hasil nyambut dalam penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. 3). Mengetahui tinjauan fiqih muamalah terhadap sistem bagi hasil nyambut dalam penggarapan lahan sawah di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapatkan dengan melakukan wawancara, observasi dan doumentasi serta data sekunder yang diperoleh dari berbagai referensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah praktik kerjasama bagi hasil dalam sistem nyambut di Desa Kubang Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang diawali dengan adanya kesepakatan kerjasama antara pemilik sawah dengan petani pengelola sawah, dan kesepakatan yang dibuat tersebut dilakukan secara lisan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat. Bagi hasil yang dilakukan adalah dibagi rata yakni 50% kepada pemilik sawah dan 50% kepada penggarap setelah diambil terlebih dahulu biaya operasional selama proses penanaman dan sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Begitu juga dengan bagi hasil jika mengalami kerugian, pemilik lahan dengan petani yang menggarap sama-sama membagi rata atas kerugian yang terjadi. Pelaksanaan bagi hasil sistem nyambut di Desa Kubang tidak sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Fiqih Muamalah karena tidak terpenuhinya salah satu syarat yakni pemilik sawah tidak diikut sertakan secara langsung dalam bagi hasil.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Mei 2024 06:34
Perubahan Terakhir: 28 Mei 2024 06:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.