Wasiat Wasiat Tasawuf Syaikh Zainuddin Al-Malibari Dalam Kitab Hidāyatul Ażkiyāʼ Ilā Ṭarīqil Awliyāʼ

Jumroni, Jumroni (2024) Wasiat Wasiat Tasawuf Syaikh Zainuddin Al-Malibari Dalam Kitab Hidāyatul Ażkiyāʼ Ilā Ṭarīqil Awliyāʼ. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AFI_191310036_Cover.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_Lampiran Depan.pdf

Download (816kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (246kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (508kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_AFI_191310036_Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstrak

Tasawuf adalah cabang dalam agama Islam yang berfokus pada pengembangan dimensi spiritual dalam mendekatan dengan Tuhan. Konsep tasawuf melibatkan praktik-praktik mistik, meditasi, dan perenungan yang bertujuan untuk mencapai kesatuan dengan Yang Maha Esa. Maqamat, di sisi lain, merujuk pada tingkatan spiritual yang dicapai oleh seorang sufi dalam perjalanan spiritualnya. Maqamat merupakan konsep penting dalam tradisi tasawuf yang menyoroti perjalanan spiritual seseorang dalam mencapai peningkatan kesadaran dan dekat dengan Tuhan. Dalam tasawuf, maqamat menggambarkan tingkatan-tingkatan spiritual yang dihadapi oleh sufi dalam perjalanan menuju kebenaran mutlak. Setiap maqam memiliki karakteristik dan tantangan unik yang perlu diatasi oleh seorang sufi sebelum mereka bisa melangkah ke tingkat berikutnya. Dalam penelitian ini disusun rumusan masalah sebagai berkut: (1) Bagaimana konsep tasawuf Syaikh Zaynuddin dalam Kitab Hidāyatul Ażkiyāʼ Ilā Ṭarīqil Awliyāʼ?, (2) Bagaimana Wasiat Wasiat Syaikh Zainuddin Al-malibari Dalam Kitab Hidāyatul Ażkiyāʼ Ilā Ṭarīqil Awliyāʼ dan relevansinya dalam dunia modern?, Adapun, tujuan penelitan ini (1) Untuk mengetahui konsep tasawuf Syaikh Zainuddin?, (2) Untuk memngatahui Wasiat wasiat Tasawuf Syaikh Zainuddin dalam kitab Hidāyatul Ażkiyāʼ Ilā Ṭarīqil Awliyāʼ dan relevansinya dalam kehidupan modern?, Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reserch) dengan menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data, menyusun dan mengidentifikasi karakterisistik spesifik akan pesan-pesan dari suatu teks secara sistematik dan objektif kemudian menyusunnya kembali dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) tasawuf adalah adab kepada Allah. Taqwa terhadap Allah juga adalah adab, untuk mencapai itu diperlukanya syari‟at, thoriqoh, dan hakikat, (2) ada sembilan wasiat dalam kitab syaikh Zainuddin, taubat, qona‟ah, zuhud, belajar ilmu Syar‟i, menjaga ibadah-ibadah Sunnah, tawakal, ikhlas, „uzlah, dan menjaga waktu konsep yang diberikan Syaikh Zainuddin Masih relevan dalam dunia modern.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wasiat wasiat, Tasawuf, Syaikh Zainuddin
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Aqidah dan Filsafat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Mei 2024 04:06
Perubahan Terakhir: 14 Mei 2024 04:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.