Ketenangan Jiwa Menurut Ki Ageng Suryomentaram (Kajian Buku Falsafah Hidup Bahagia)

Mulyani, Siti Ani (2024) Ketenangan Jiwa Menurut Ki Ageng Suryomentaram (Kajian Buku Falsafah Hidup Bahagia). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AFI_191310002_Cover.pdf

Download (140kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_Lampiran Depan.pdf

Download (539kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (255kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (263kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_AFI_191310002_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)

Abstrak

Faktor utama yang menjadi sebab memperoleh kebahagiaan yaitu dengan jiwa yang tenang. Dengannya, tiap persoalan kehidupan dapat diterima kemudian diuraikan bagaimana cara pemecahannya, sehingga akan lebih mudah diselesaikan. Ketenangan jiwa yang dimaksud adalah kondisi jiwa yang menerima dengan sadar atas tiap belenggu permasalahan, entah perasaan tertekan, maupun kekhawatiran-kekhawatiran akibat dari berbagai persoalan dan beban hidup. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep ketenangan jiwa menurut Ki Ageng Suryomentaram? 2) Bagaimana meraih ketenangan jiwa menurut Ki Ageng Suryomentaram? 3) Bagaimana perspektif tasawuf tentang ketenangan jiwa Ki Ageng Suryomentaram? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Untuk menjelaskan konsep ketenangan jiwa menurut Ki Ageng Suryomentaram. 2) Untuk menjelaskan meraih ketenangan jiwa menurut Ki Ageng Suryomentaram. 3) Untuk menjelaskan perspektif tasawuf tentang ketenangan jiwa Ki Ageng Suryomentaram. Metodologi penelitian dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang hasil penelitiannya sendiri lebih menekankan makna daripada generalisasi, serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tasawuf yang artinya melakukan proses aktualisasi nilai-nilai ajaran tasawuf dalam konteks yang lebih luas. Tekhnik pengumpulan data jenis library research dengan dibantu data wawancara maupun video. Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: konsep ketenangan jiwa menurut Suryomentaram merupakan jenis rasa hasil dari tersingkapnya „rasa Aku‟ hasil perjalanan ketabahan, tabah menderita dan tabah merasakan rasa celakanya sendiri karena telah mengerti tentang kekhususan kramadangsa-nya sendiri. Meraihnya dapat diupayakan dengan mengerti ilmu tentang jiwa dan keadaan-keadaannya serta dengan upaya praktik ilmu itu sendiri dengan runtutnya cara berpikir atau dalam istilah Suryomentaram disebut „pendapat benar‟. Metode selanjutnya dengan praktiknya itu sendiri yang dibimbing oleh runtutnya cara berpikir. Terdapat lima poin perspektif tasawuf tentang ketenangan jiwa Suryomentaram. Pertama, mengetahui diri sendiri menurut al-Ghazali dengan pangawikan pribadi. Kedua, hati yang sehat menurut Syaikh Abdul Qadir al-Jailani dengan konsep jiwa Ukuran Keempat atau manusia tanpa ciri. Ketiga, akhlak baik seorang sufi sebagai representasi keadaan jiwanya dengan sifat manusia tanpa ciri Suryomentaram. Keempat, Orang yang tidak tenang jiwanya akan kesulitan dalam merasakan rasa, terlebih dimensi spiritual terkait rasa 99 asma Allah Swt. Kelima, konsep tawakal sebagai puncak ketenangan jiwa dalam mengenal dirinya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ketenangan Jiwa, Falsafah Hidup, Bahagia
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Aqidah dan Filsafat Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Mei 2024 03:12
Perubahan Terakhir: 14 Mei 2024 03:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.