Siswanto, Andi (2024) Pengaruh Pembinaan Syarhil Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa di Unit Pengembangan Tilawatil Qur'an (UPTQ) MAN 2 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210027_Cover.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210027_Lampiran Depan.pdf Download (364kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210027_BAB I.pdf Download (281kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210027_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (622kB) |
||
Teks
S_PAI_191210027_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (490kB) |
||
Teks
S_PAI_191210027_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210027_BAB V.pdf Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210027_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi berupa data mengenai pengaruh pembinaan Syarhil Qur’an terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan prestasi UPTQ MAN 2 Kota Cilegon baik di ajang MTQ maupun prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di kelasnya. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif deksriptif dengan menggunakan sampel seluruh siswa yang mengikuti pembinaan Syarhil Qur’an di Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an (UPTQ) MAN 2 kota Cilegon dengan jumlah 42 siswa, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes praktek dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa pertama pembinaan Syarhil Qur’an (X) diperoleh nilai mean 81,7 tergolong taraf nilai yang sangat baik dalam tabel krietria nilai mean, kedua Prestasi belajar Al-Qur’an Hadits (Y) diperoleh nilai mean 85,4 tergolong kategori nilai yang sangat baik pada tabel kriteria penilaian mean, dan ketiga pengaruh pembinaan Syarhil Qur’an terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa MAN 2 Kota Cilegon pada uji pearson product moment diproleh nilai 0,714 angka tersebut tergolong kategori kuat pada tabel interpretasi korlesi product moment selanjutnya pada hasil taraf signifikansi diperoleh thitung 6,446 > ttabel 2,018 dan nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh 0,00 < 0,05 dengan demikian Ha diterima yakni terdapat pengaruh pembinaan Syarhil Qur’an terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar persentase yang diproleh variabel X dalam mempengaruhi variabel Y pada nilai r square diperoleh 50,9 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | : Pembinaan Syarhil Qur’an, Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa MAN 2 Kota Cilegon |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2024 05:06 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2024 05:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14458 |
Actions (login required)
Lihat Item |