Ikhsan, Mochammad Ilham Nur (2024) Kiprah KH Ahmad Rifa’i Arief dalam Pendirian Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung Tangerang 1968-1997. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_SPI_191350067_Cover.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350067_Lampiran Depan.pdf Download (418kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350067_Bab I.pdf Download (210kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_SPI_191350067_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
||
Teks
S_SPI_191350067_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (392kB) |
||
Teks
S_SPI_191350067_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (415kB) |
||
|
Teks
S_SPI_191350067_Bab V.pdf Download (200kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_SPI_191350067_Daftar Pustaka.pdf Download (279kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) tradisional yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat muslim dan ikut terlibat langsung dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang disertai akhlakul karimah. Pondok pesantren sebagai subsistem pendidikan nasional dan merupakan Lembaga Pendidikan Islam tertua di Indonesia. Pondok pesantren memiliki elemen-elemen yang berbeda dengan Lembaga Pendidikan Islam lainnya, yaitu pondok, santri, kiyai, masjid dan kitab-kitab klasik atau tradisional, inilah sebagai syarat memenuhi syarat Pondok Pesantren Daar El-Qolam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Riwayat KH Ahmad Rifa’i Arief. (2). Gambaran Umum Pondok Pesantren Daar El Qolam. (3). Kiprah KH Ahmad Rifa’i Arief Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Daar El Qolam Dan dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang bertujuan untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif guna memperoleh kesimpulan yang akurat, penelitian ini dilakukan melalui tahapan, heuristic (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Temuan dalam penelitian ini adalah bahwasannya Kiprah KH Ahmad Rifa’i Arief pondok pesantren Daar El-Qolam berkembang mengikuti arus kemodernan dalam dunia pendidikan yang berbasis Pondok pesantren. Pada awal berdirinya Pondok Pesantren ini hanya memiliki 22 orang santri dan menggunakan bekas dapur tua sebagai tempat belajar dan mengajar. Seiring berjalannya waktu, pondok pesantren ini berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman, berbagai terjadi mengikuti pola perkembangan zaman seperti dibukanya sekolah formal dalam pesantren. Oleh karnanya, penelitian ini berjudul Kiprah KH Ahmad Rifa’i Arief Dalam Pendirian Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Tangerang 1968-1997. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran-pemikiran KH Ahmad Rifa’i Arief mengenai dakwah yang dituangkan buku kya’i Entrepreuner. KH Ahmad Rifa’i Arief berdakwah melalui sistem pendidikan pesantren. Pondok pesantren Daar El-Qolam telah mendirikan empat institusi pendidikan yaitu Daar El-Qolam 1, Daar El-Qolam 2, Daar El-Qolam 3, dan Daar El-Qolam 4, yang masing-masing memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pesantren, Sejarah, Tokoh, Perkembangan |
Subjek: | 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.8 Biografi Tokoh-tokoh Pemuka Agama Islam |
Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Peradaban Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 27 Mar 2024 04:26 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 04:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14369 |
Actions (login required)
Lihat Item |