Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Penggerak SMPN 1 Karangtanjung

Tamimi, Faishal (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Penggerak SMPN 1 Karangtanjung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210155_Cover.pdf

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210155_Lampiran Depan.pdf

Download (414kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210155_BAB I.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210155_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (195kB)
[img] Teks
S_PAI_171210155_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (174kB)
[img] Teks
S_PAI_171210155_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (212kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210155_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210155_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah penggerak yang berada di SMPN 1 Karang Tanjung, kemudian untuk mengetahui pelaksanaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kurikulum merdeka, dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMPN 1 Karang Tanjung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini mewawancarai bagian kurikulum serta guru pendidikan agama Islam sebagai sumber data. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pembelajaran difokuskan pada menumbuhkan minat dan melibatkan peserta didik secara aktif untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna, dalam kurikulum merdeka menekankan pada praktek dan keahlian peserta didik sebagai perwujudan proses pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Dengan diadakannya The Power Of Too sangatlah efektif dalam pembelajaran. Terdapat peningkatan setelah diterapkannya The Power Of Too. Karena peserta didik lebih paham dan cepat mengerti ketika temannya memberikan pemahaman tentang materi yang diajarkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, kurikulum merdeka, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Nov 2023 09:09
Perubahan Terakhir: 17 Nov 2023 09:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.