Hanifa, Najla (2023) Pengaruh Kurikulum Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Juz 30 (Studi Penelitian di Kelas VI Assa’adah Global Islamic School Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210007_Cover.pdf Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210007_Lampiran Depan.pdf Download (871kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210007_BAB I.pdf Download (501kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210007_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (775kB) |
||
Teks
S_PAI_191210007_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (705kB) |
||
Teks
S_PAI_191210007_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (844kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210007_BAB V.pdf Download (115kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210007_Daftar Pustaka.pdf Download (243kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pelaksanaan kurikulum muatan tahfidzul Qur’an, 2) tingkat hafalan Al-Qur’an siswa juz 30, 3) seberapa besar pengaruh kurikulum muatan lokal tahfidzul Qur’an terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa juz 30 di Assa’adah Global Islamic School Kota Serang. Yang dilatar belakangi oleh dengan adanya kurikulum muatan lokal ini dapat menjembatani siswa untuk bisa memahami kaidahkaidah ilmu tajwid, makharijul huruf, membaca, serta menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dimana masih banyak siswa yang tingkat bacaan serta menghafal Al-Qur’an nya rendah. Maka dari itu pihak sekolah memutuskan untuk bekerja sama dengan lembaga tilawati kota serang untuk menyelesaikan masalah tersebut, pihak sekolah memberikan fasilitas penambahan guru tahfidz yang mumpuni pada bidangnya. Sehingga dapat mengajarkan siswa metode yang lebih menyenangkan, agar memudahkan siswa untuk mempelajari tahfidz. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive, yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, maka didapatlah sebanyak 30 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menyebarkan angket dengan 20 butir soal pernyataan mengenai pembelajaran di kelas, wawancara semi-terstruktur sebagai data tambahan, dan mengambil dokumentasi (mengambil data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks korelasi “r” dapat diketahui 0,903. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” Product Moment dapat diketahui bahwa angka r hitung > r tabel ( 0,903>0,361) berada diantara (0,80 – 1,00) yang interpretasinya adalah antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat kuat atau tinggi dan memiliki hubungan yang positif antara keduanya. Hal ini berarti koefisien determinasi , jika dipresentasekan menjadi 65% artinya bahwa variasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Juz 30 (Y) dipengaruhi oleh Kurikulum Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an (X) dan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kurikulum Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Juz 30 |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2023 08:15 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2023 08:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13734 |
Actions (login required)
Lihat Item |