تحويل الشفرة و تخليطها في خطاب أهل مدينة سيرانج (دراسة تحليلية في علم اللغة الإجتماعي)

Dianasari, Novi (2023) تحويل الشفرة و تخليطها في خطاب أهل مدينة سيرانج (دراسة تحليلية في علم اللغة الإجتماعي). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360023_Cover.pdf

Download (236kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_BAB I.pdf

Download (847kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (808kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (760kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (651kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_BAB V.pdf

Download (583kB)
[img] Teks
S_BSA_191360023_Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB)

Abstrak

Bahasa merupakan alat komuikasi sosial yang berupa sistem symbol bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia. Sebagian masyarakat ada yang memiliki dua bahasa bahkan lebih, yang dikenal sebagai masyarakat multilingual atau masyarakat dwi bahasa. Peneliti memilih masyarakat kota Serang sebagai objek penelitian, yang mana tuturan masyarakat Kota Serang didapati sering beralih kode dan bercampur kode, hal ini terjadi karena kearifan masyaraakat Kota Serang dalam berbahasa Asing (bahasa Arab atau bahasa Inggris ) dan keterbiasaan masyarakat dalam bertutur dengan menggunakan bahasa asing tersebut. Maka dari itu peneliti ingin mengangkat judul “ Alih kode dan campur kode pada masyarakat Kota Serang” untuk mengetahui secara jelas dan rinci mengenai peristiwa alih kode dan campur kode pada masyarakat kota serang ini. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk-bentuk alih kode dan campur kode pada masyarakat Kota Serang ? 2) Apa faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada tuturan masyarakat Kota Serang ? dengan tujuan 1) untuk mengertahui bentuk-bentuk alih kode dan campur kode pada tuturan masyarakat Kota Serang 2) untuk mengetahui faktor terjadinya alih kode dan campur kode pada tuturan masyarakat kota serang.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan memperoleh data dari tuturan masyarakat Kota Serang disertai dengan penelitian kepustakaan (library research) dengan memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan ilmu tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk alih kode dan campur kode dalam tutur kata masyarakat kota Serang mendapat dua bentuk tuturan, yaitu extren dan intren, dan faktor-faktor yang ada dalam alih kode dan campur kode dalam ucapan masyarakat kota Serang adalah; kemampuannya dalam dua bahasa: Indonesia dan Arab, menyerap kosakata bahasa Arab, latar belakang pendidikannya dilingkupan bahasa Arab, dengan memperhatikan nilai-nilai agama yang mendukung bahwa bahasa Arab adalah bahasa agama.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Alih Kode dan Campur Kode, Masyarakat Kota Serang
Subjek: 400 Bahasa > 490 Bahasa lainnya > 492 Afro-Asiatik bahasa; bahasa Semit
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2023 07:07
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2023 07:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.