Hasanah, Uswatun (2023) Upaya Kelompok Bermain Al-Husna Di Kabupaten Serang Dalam Optimalisasi Keselamatan Anak Di Sekolah Melalui Lingkungan Ramah Anak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260047_Cover.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260047_Lampiran Depan.pdf Download (516kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260047_BAB I.pdf Download (200kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (235kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (225kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (201kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260047_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260047_Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui upaya menciptakan lingkungan ramah anak di Kelompok Bermain Al-Husna, (2) Mengetahui upaya sekolah untuk optimalisai keselamatan aka di Kelompok Bermain Al-husna, (3) Mengetahui faktor penghambat optimalisasi keselamatan anak dalam lingkungan ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Judul penelitian ini yaitu Upaya Kelompok Bermain Al-Husna di Kabupaten Serang Dalam Optimalisasi Keselamatan Anak di Sekolah Melalui Lingkungan Ramah Anak. Hasil penelitian peneliti yaitu: (1) Lingkungan ramah anak sudah mampu dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dapat memenuhi kebutuhan anak tumbuh dan berkembang tanpa ada hambatan, merasa aman dan nyaman. Lingkungan ramah anak menjadi tempat yang dapat mendukung hak-hak anak terpenuhi tanpa ada hambatan maupun ancaman. (2) Kelompok Bermain Al-husna sudah cukup baik dalam mengupayakan keselamatan anak di lingkungan sekolah, hal ini dapat di lihat dari wawancara dan dokumentasi yang sudah penliti lakukan. Sekolah sudah memahami pengembangan lingkungan ramah anak, meski belum sesuai dengan standar sekolah ramah anak. Sekolah harus lebih perhatian tidak hanya pada lingkungan belajar di dalam kelas tetapi juga pada lingkungan taman bermain anak yang terganggu akibat kumpulan orangtua yang membuat kelompok selama menunggu anak di lingkungan sekolah, agar lebih optimal dalam penyelenggaraannya. (3) Faktor penghambat dalam menjalankan optimalisasi keselamatan anak melalui lingkungan ramah anak tentu tidak luput dari faktor penghambat. Faktor penghambat yang ditemukan adanya intervensi orangtua yang di ijinkan menunggu di lingkungan sekolah membuat anak kerap kali kesulitan bergerak bermain di lapangan karena adanya sekelompok orangtua yang membuat grup lebih dari lima orang. Hal ini perlu kebijakan dari pihak sekolah agar memikirkan lebih matang, baikkah mengijinkan orangtua untuk menunggu di dalam lingkungan sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Optimalisasi Keselamatan, Lingkungan Ramah Anak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 04:25 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 04:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13623 |
Actions (login required)
Lihat Item |