Studi Komparatif Pendapat Imam Mazhab Tentang Pernikahan Muhallil dan Korelasinya Dengan Kompilasi Hukum Islam

Muspiroh, Muspiroh (2023) Studi Komparatif Pendapat Imam Mazhab Tentang Pernikahan Muhallil dan Korelasinya Dengan Kompilasi Hukum Islam. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_HKI_192620005_Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_Lampiran Depan.pdf

Download (654kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (659kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
T_HKI_192620005_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Pernikahan muh}allil merupakan pernikahan yang jumhur ulama sepakat mengenai keharamannya, namun pada kenyatannya para ulama mazhab berbeda pendapat dalam memahami nash-nash alquran sehingga dalam praktiknya nikah tah}lil menimbulkan perbedaan hukum di dalamnya, berdasarkan pendapat ulama mazhab yang kontardiktif tersebut melahirkan produk hukum yang berbeda, di anatara ulama yang mengahalalkan nikah tah}lil yaitu mazhab Hanafi dan Syafi’i adapun yang mengharamkan yaitu mazhab Maliki dan Hanbali, hal ini yang kemudian mendorong penulis untuk mengetahui dan membahas tentang sebab-sebab terjadinya perbedaan pendapat di kalangan ulama mazhab, dan sumbangsihnya terhadap Kompilasi Hukum Islam. Adapun Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1). Untuk mengetahui pendapat imam mazhab tentang nikah muh}allil, 2). Untuk mengetahui sebab terjadinya perbedaan pendapat tentang nikah muh}allil dikalangan imam madzhab, 3). Untuk mengetahui tinjauan hukum nikah muh}allil dalam Kompilasi Hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui penelitian kepustakaan (library reseacrh) yakni dengan mengkaji kitab-kitab fikih ulama mazhab terkait pernikahan muh}allil, penelitian ini berasal dari data primer yaitu kitab-kitab fikih 4 mazhab dan Kompilasi Hukum Islam, serta data sekunder yakni buku, jurnal yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa para ulama mazhab berbeda dalam menghukumi nash hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud tentang pernikahan muh}allil, hal ini di latar belakangi oleh perbedaan dalam metode ijtihad yang dilakukan oleh masing-masing mazhab, di antara ulama yang menghalalkan nikah tah}lil adalah mazhab Hanafi dan Syafi’i sedangkan yang mengharamkan adalah mazhab Maliki dan Hanbali, sementara itu dalam KHI perkawinan muh}allil dianggap bertentangan dengan tujuan perkawinan yang sebagaimana yang termaktub dalam pasal 2 dan 3 KHI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pernikahan, Muh}allil, Ulama Mazhab, Kompilasi Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: PASCASARJANA > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 03:34
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 04:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.