NILAI-NILAI PEDAGOGIS YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Terhadap Surah Al-Kahfi ayat 65-70)

FADILLA, NURUL (2017) NILAI-NILAI PEDAGOGIS YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN (Studi Analisis Terhadap Surah Al-Kahfi ayat 65-70). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (78kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (436kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (833kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (704kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui maksud dari nilai-nilai pedagogis yang terkandung dalam surah Al-Kahfi ayat 65-70. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Kisah perjalanan Nabi Musa dalam menuntut ilmu dalam Surah al-Kahfi ayat 65-70, mengandung cerita menarik yang perlu kiranya untuk diteliti, di antaranya adalah Semangat belajar yang tinggi seorang peserta didik, Sikap sabar dalam menuntut ilmu dan peserta didik tidak mendebat ketika tidak sepaham dengan pendidik, Al-Qur’an harus digali dengan ayat yang ada kaitannya dengan Nilai-nilai Pedagogis seperti yang dijelaskan dalam Surah Al-Kahfi ayat 65-70 tersebut. Landasan teori tentang nilai sebagaimana yang digagas oleh Sidi Gazalba, Nilai adalah sesuatu yang berharga. Nilai itu mungkin dikandung oleh barang atau oleh peristiwa. Hati kita puas kalau barang yang dipandang bernilai itu dimiliki atau peristiwa yang dianggap bernilai itu terjadi. Nilai adalah ukuran atau standar untuk menghukum dan memilih tindakan dan tujuan tertentu. Karena itu nilai itu adalah cita, ide, bukan fakta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan riset pustaka (Library Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Seluruh data yang ada dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif serta analisis isi (Conten Analisis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan kajian ulang kepustakaan (Review Literatur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pedagogis dalam Surah Al-Kahfi ayat 65-70 adalah hendaknya siswa tidak bersikap sombong terhadap ilmu yang dimilikinya dan mampu menahan kesabaran dengan cara menekuni semua bidang ilmu, apapun jenisnya karna ilmu merupakan jembatan untuk meniti kehidupan. Sebagaimana ilmu yang diajarkan oleh Khidir kepada Musa dalam kisah tersebut merupakan ilmu bathin yang tidak semua orang mengetahui dan memahaminya, seperti Musa yang tidak enggan untuk belajar walaupun ia adalah seorang Nabi Allah Swt.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pedagogis, dan Al-Qur’an
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.13 Bahasa Alquran
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2017 03:56
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2017 03:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.