Prihatini, Hikmah Umi (2023) Manajemen Kepemimpinan Kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250070_Cover.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250070_Lampiran Depan.pdf Download (409kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250070_BAB I.pdf Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250070_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
||
Teks
S_MPI_191250070_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (315kB) |
||
Teks
S_MPI_191250070_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (337kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250070_BAB V.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250070_Daftar Pustaka.pdf Download (954kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Di Perpustakaan, pemimpin menentukan kepemimpinanya, sebab kepala perpustakaan sangat berperan sebagai pemimpin yang dapat mempengaruhi orang dibawahnya untuk bergerak atau bekerja.Untuk mencapai tujuan dan menghadapi persaingan global di lingkungan yang mengalami banyak perubahan yang cepat. Maka, perpustakaan perguruan tinggi harus memiliki standar dalam mengelola atau memanajemen. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah; 1) Untuk mengetahui perencanaan program kerja kegiatan kepemimpinan kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 2) Untuk mengetahui pengorganisasian kegiatan kepemimpinan kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 3) Untuk mengetahui pelaksanaan program kerja kepemimpinan kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 4) Untuk mengetahui pengawasan kepemimpinan kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 5) Untuk mengetahui hambatan dan pendukung kepemimpinan Kepala Laboratorium Dalam Program Kerja di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 6) Untuk mengetahui solusi yang yang dilakukan Kepala Laboratorium Sumber belajar terhadap program kerja di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif (studi lapangan). Populasi penelitian adalah Kepala dan Staf Laboratorium Sumber Belajar. Informan penelitian adalah Kepala dan staf Laboratorium Sumber Belajar. Instrumen peneliti pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Manajemen Kepemimpinan Kepala Laboratorium Sumber Belajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten meliputi 1) Perencanaan meliputi; menentukan program kerja, penetapan tujuan, penjadwalan, target atau sasaran, penganggaran. 2) Pengorganisasian meliputi; jumlah petugas program kerja. 3) Pelaksanaan meliputi; penetapan standar kepemimpinan. 4) pengawasan meliputi; pengawasan rutin setiap seleesai melaukan program kerja. 5) Faktor pendukung adanya sarana yang lengkap, komputer pengunjung, fasilitas memadai. staf dan relawan yang 6) Solid. Faktor penghambat; Manajemen waktu, keterbatasan sumber daya manusia. Solusi pertama, permasalahan kami terapkan yaitu dengan rajin berkomunikasi dengan staf agar selalu terjalin komunikasi yang baik sehingga dalam pelaksanaan program kerja tidak terasa berat dilakukan. Kedua, berinisiatif untuk mengadakan Relawan yang mau membantu dan menyumbangkan waktu membantu pelayanan, mengolah pengadaan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Kepemimpinan, Laboratorium, Sumber Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Sep 2023 03:16 |
Perubahan Terakhir: | 09 Jan 2024 07:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13251 |
Actions (login required)
Lihat Item |