MAYAROSITA, SEPTY (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA (Kuasi Eksperimen di Kelas II MI Daarul Ilmi Kec. Balaraja Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (56kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (504kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
3. BAB I SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (231kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
4. BAB II SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (223kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
5. BAB III SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (833kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
7. BAB V SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (263kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap penggunaan huruf kapital pada mat a pelajaran Bahasa Indonesia dan kurang tepatnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi penggunaan huruf kapital. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan media kartu huruf yang diharapkan mam pu meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan huruf kapital. Berdasarkan latar belakang di atas, dirumuskan permasalahan yang menjadi fokus penelitian, sebagai berikut: 1) Bagaimana penggunaan media kartu huruf terhadap keterampilan menulis huruf kap ital siswa kelas 2 MI Daarul Ilmi Balaraja? 2) Apakah media kartu huruf berpengaruh terhadap keterampilan menulis huruf kapital siswa kelas 2 MI Daarul Ilmi Balaraja? Berdasarkan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dil aksanakan di MI Daarul Ilmi tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group pretest and posttest design. Sampel yang diambil adalah kelas 2A (kelas eksperimen) dan 2B (kelas kontrol). Instrumen penelitian ini menggunakan tes subjektif berupa soal uraian dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat d ilihat dari hasil perhitungan analisis posttest uji t dua pihak dengan menunjukkan ditolak dan diterima yaitu dengan perolehan = 4,6 73 dan = 2,010 dengan α = 0,05. Kemudian membandingkan dengan diperoleh > . Dilihat dari hasil observasi, respon siswa kelas eksperimen sebesar 62,78% dan kelas kontrol sebesar 55,45%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media kartu huruf cukup baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan m edia kartu huruf
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media kartu |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2017 02:18 |
Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2017 02:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1325 |
Actions (login required)
Lihat Item |