Strategi Pembelajaran PAI dalam Penanaman Sikap Moderasi Beragama pada Siswa Kelas Xi di SMAN 2 Kota Serang

Solahudin, Muhamad (2023) Strategi Pembelajaran PAI dalam Penanaman Sikap Moderasi Beragama pada Siswa Kelas Xi di SMAN 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210199_Cover.pdf

Download (59kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210199_Lampiran Depan.pdf

Download (895kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210199_BAB I.pdf

Download (460kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210199_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
S_PAI_181210199_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
S_PAI_181210199_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (490kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210199_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210199_Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tema Islam wasathiyah cukup menarik dalam pembahasan dewasa ini, mengingat semakin berkembangnya zaman yang mempengaruhinya. Disisi lain semakin maraknya kejadian yang tidak sesuai dengan ajaran Islam sendiri menjadi sorotan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, akibatnya banyak pihak yang dirugikan dimana hal itu bukan hanya perorangan namun ada beberapa oknum yang melakukan secara berkelompok dengan mengatasnamakan Islam. Dalam upaya membendung sikap dan pemikiran yang Intoleran maka sebagai kaum yang sadar dan mencintai bangsa harus memiliki beberapa langah, seperti menjaga generasi bangsa yang masih muda. Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan yang siap mencetak generasi bangsa untuk meneruskan kepemimpinan negara, maka harus diberikan Pendidikan yang sesuai ajaran bangsa dan agama. Sikap-sikap moderasi beragama harus dimiliki oleh para peserta didik sejak saat dini untuk membiasakan sikap moderat, sebagai guru tentunya harus memiliki banyak strategi dalam upaya penanaman sikap moderasi beragama. Melalui metode dan media pembelajaran guru harus dapat menanamkan prinsip dan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Komitmen kebangsaan, Toleransi, anti Radikalisme dan kekerasan, akomodatif terhadap budaya adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap anak muda saat ini sebab dewasa ini berkembangnya pemikiran yang beranekaragam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa moderasi beragama di SMAN 2 Kota Serang khususnya pada kelas XI sudah cukup baik, sebab guru dan Lembaga sangat berintegritas dalam mencetak dalam generasi bangsa. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan agar penanaman sikap moderasi beragama pada siswa dapat menyeluruh. Selain itu penanaman sikap moderasi beragama juga menjadi prioritas yang cukup diperhatikan di SMAN 2 Kota Serang, guna menciptakan generasi bangsa yang berakhlakul karimah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wasathiyah, Toleransi, pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Sep 2023 09:03
Perubahan Terakhir: 09 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13225

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.