القيم الفلسفية فى رواية حمار الحكيم لتوفيق الحكيم (دراسة بنيوية الوراثية)

Sufah, Fella Faida (2023) القيم الفلسفية فى رواية حمار الحكيم لتوفيق الحكيم (دراسة بنيوية الوراثية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360090_Cover.pdf

Download (309kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_Lampiran Depan.pdf

Download (830kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_BAB I.pdf

Download (655kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (915kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (816kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (971kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Teks
S_BSA_191360090_Daftar Pustaka.pdf

Download (620kB)

Abstrak

Novel Himar Hakim karya Taufik peneliti tertarik untuk mengkaji karya sastra ini dengan nilai-nilai filsafat yang berkesinambungan dengan pandangan dunia pengarang. Atau yang lebih dikenal dengan (Kajian Strukturalisme Genetik). Alasan mengapa peneliti menganjurkan kajian struktural genetik dalam novel Himar Al-Hakim ini adalah karena peneliti menemukan bahwa penulis merefleksikan dirinya dalam tulisannya, yang menjadi fakta manusia dalam penelitian ini. Peneliti menemukan beberapa kutipan serupa berdasarkan fakta manusia. Tawfiq al-Hakim dan Sayed al-Bik (karakter saya) sama-sama berlatar belakang Kairo (Mesir). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa unsur intrinsik yang ada dalam novel Himar Hakim karya Taufik Al-Hakim? 2) Bagaimana nilai-nilai filsafat dalam pandangan dunia pengarang dalam novel Himar Hakim karya taufik al-Hakim?. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Unsur-unsur Intrinsik dalam novel Himar Hakim karya Taufik Al-Hakim2). nilainilai filsafat dalam pandangan dunia pengarang dalam novel Himar Hakim karya Taufik Al-Hakim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini lebih condong ke deskriptif dan juga menggunakan analisis. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan cara penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, jurnal-jurnal, dan lainnya yang bersangkutan dengan pembahasan penelitian. Berdasarkan penelitian penulis menyimpulkan terdapat 6 macam unsur yang ada pada unsur intrinsik, yaitu: Tema, Tokoh dan Penokohan, Alur, Latar, Sudut pandang dan Tema. Kemudian terdapat 2 macam nilai filsafat, yaitu filsafat moral dan filsafat estetika. Nilai-Nilai filsafat moral lebih banyak dari nilai filsafat keindahan dalam novel ini.T erdapat 9 contoh nilai filsafat moral beserta maksud dan pesan moral nya. Dan 3 contoh nilai filsafat estetika beserta dengan maksudnya. penelitian ini menggunakan teori strukturalisme genetic. Sehingga nilai-nilai filsafat dimasukan kedalam pandangan dunia pengarang. Pandangan dunia pengarang dalam penelitian ini berbentuk perefleksian diri tuan beik dengan cara berfilsafat lewat keledai. Dalam pandangan dunia luar keledai digambarkan sebagai Binatang yang lugu dan bodoh. Sehingga dalam novel ini keledai juga digambarkan lugu namun di luaskan menjadi hewan yang lugu namun gerak-gerik nya mengandung makna dalam pandangan dunia pengarang ini

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa Dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2023 07:40
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13137

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.