Peranan Khairuddin Barbarossa dalam Ekspansi Wilayah Turki Utsmani Tahun 1514-1533 M

Khoirunnas, Bambang (2023) Peranan Khairuddin Barbarossa dalam Ekspansi Wilayah Turki Utsmani Tahun 1514-1533 M. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_161350050_COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (391kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (393kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (419kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (886kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_SPI_161350050_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstrak

Dinasti Turki Utsmani memulai peranan dengan membangkitkan bidang kemiliteran yang terjadi pada masa pemerintahan Sultan Salim I dan juga kebijakan perluasan wilayah kekuasaan ke wilayah Afrika Utara. Beberapa tokoh kemaritiman muncul pada masa pemerintahan Sultan Salim I, salah satu tokoh Angkatan laut yaitu dua bersaudara Aruj dan Khairuddin Barbarossa yang di kenal sebagai Barbarossa bersaudara. Kehadiran Khairuddin Barbarossa menjadi kekuatan utama dalam segi kemiliteran laut bagi pemerintahan Dinasti Turki Utsmani. Khairuddin Barbarossa adalah seorang mujahid dan merupakan Panglima Angkatan Laut Turki Utsmani yang bergerak di Lautan Mediterania. Khairuddin Barbarossa menjadi komandan laut Mediterania dan muncul sebagai pahlawan di dunia muslim pada saat Kristen Spanyol dan Portugis sedang memimpin pasukan Eropa dalam mengusung panji-panji reconquista (penaklukan kembali) negeri-negeri muslim. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagaimana Kondisi Militer Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Sultan Salim I?. (2). Bagaimana Biografi Khairuddin barbarossa?. (3). Bagaimana Keterlibatan Khairuddin Barbarossa dengan Dinasti Turki Utsmani?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Kondisi Militer Dinasti Turki Utsmani Pada Masa Sultan Salim I, (2). Biografi Khairuddin Barbarossa, (3). Keterlibatan Khairuddin Barbarossa dengan Dinasti Turki Utsmani. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah melalui tahapan sebagai berikut: pertama, tahapan heuristik adalah tahapan mencari dan mengumpulkan data, kedua, tahapan kritik atau tahapan verifikasi yaitu untuk memperoleh keabsahan sumber, ketiga, tahapan interpretasi atau penafsiran sumber, keempat, historiografi atau penulisan sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pergerakan Khairuddin Barbarossa yang menjaga Al-jazair dari serangan Kerajaan Spanyol merupakan pergerakan dilautan Mediterania. Dengan kerjasama antara Dinasti Turki Utsmani dengan Khairuddin Barbarossa menjadi kekuatan besar dalam kemiliteran Laut Dinasti Turki Utsmani, kemajuan kemiliteran laut Turki Utsmani sangat berpengaruh dalam perluasan wilayah Dinasti Turki Utsmani. Khairuddin Barbarossa telah mengukir prestasi dengan berhasil menaklukan Al-Jazair dari Salim At-Tumi penguasa Al-Jazair yang bersekutu dengan bangsa Spanyol dan berhasil menaklukkan Tunisia dan menaklukan Afrika Utara, serta melindungi masyarakat Afrika Utara dari pasukan Spanyol dan Portugis hingga Khairuddin Barbarossa wafat pada tahun 1546 M.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Khairuddin Barbarossa, Militer Turki Utsmani
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.7 Biografi tokoh-tokoh / pemuka-pemuka Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2023 03:43
Perubahan Terakhir: 25 Aug 2023 03:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.