Khaeroni, Khaeroni (2020) Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Matematika MI Bernuansa Akhlak dengan Pendekatan Kontekstual. Media Madani, Serang. ISBN 978-623-6849-53-8
|
Teks
Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Matematika MI.pdf Download (750kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model evaluasi pembelajaran matematika bernuansa akhlak dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan desain 4D. Prosedur pengembangan yang ditempuh dalam penelitian ini dimulai dengan penyusunan desain model evaluasi proses pembelajaran matematika dan perangkat model evaluasi, dilanjutkan dengan validasi pakar, uji coba, analisis data, dan implementasi hasil. Penyusunan desain model diawali dengan perencanaan model yaitu evaluasi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Selanjutnya instrumen divalidasi dan dilakukan uji keterbacaan oleh para ahli (expert judgement) yang terdiri atas dosen, guru, dan kepala madrasah. Proses validasi dilakukan melalui FGD bertujuan untuk mengetahui validitas instrumen, kejelasan prosedur, kekomprehensifan komponen, dan kejelasan pedoman. Teknik yang digunakan untuk menentukan reliabilitas instrumen adalah inter-rater reliability yang diukur dari koefisien reliabilitas minimal 0,70. Hasil akhir model merupakan prototype model evaluasi pembelajaran matematika di MI, yaitu prosedur, Pedoman, dan instrumen evaluasi. Nuansa akhlak dan pendekatan kontekstual pada model terdapat pada pedoman evaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Selain itu juga terdapat pada instrumen evaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba, semua instrumen memiliki kecocokan model yang baik karena validitas konstruk dan reliabilitas memenuhi persyaratan akademik, keberadaan muatan akhlak dan kontekstual berada pada kategori baik.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model, Evaluasi, Matematika, Akhlak |
Subjek: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 507 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Si Khaeroni Khaeroni |
Tanggal Disetorkan: | 08 Mei 2023 00:50 |
Perubahan Terakhir: | 08 Mei 2023 00:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12392 |
Actions (login required)
Lihat Item |