Statistik Penelitian Pendidikan

Supardi, Supardi (2017) Statistik Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers, Depok. ISBN 978-602-425-046-6

[img]
Pra Tinjau
Gambar
Cover_Statistik-Penelitian-Pendidikan-Supardi.png

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Statistik menurut arti kata merupakan kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan. Statistik sebagai suatu kegiatan meliputi pengumpulan data, penyusunan data, pengumuman dan pelaporan, dan analisis data. Statistik sebagai metode merupakan suatu cara memecahkan permasalahan dengan cara mengumpulkan data, menyusun dan mengatur, menyajikan, menganalisis serta memberikan interpretasi dan kesimpulan terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi. Statistik digolongkan menjadi statistik deksriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif mongorganisasikan dan menganalisa serta memberikan pengertian mengenai data (keadaan, gejala, persoalan) dalam bentuk angka agar dapat diberikan gambaran secara teratur, ringkas dan jelas. Statistik inferensial menyediakan aturan-aturan atau cara yang dapat dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik suatu kesimpulan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus dari sekumpulan data yang telah diolah serta penyusunan atau pembuatan ramalan dan penaksiran. Statistik dibutuhkan dalam kehidupan manusia untuk mengolah data-data yang berbentuk angka maupun bukan angka yang diangkakan agar dapat dideskripsikan, disajikan, dijelaskan, dinterpretasikan dan ditarik kesimpulan secara deskriptif maupun inferensial. Pengetahuan, pemahaman dan aplikasi statistik secara deskriptif meliputi rata-rata, median, modua, desil, quartil, persentil, distribusi frekuensi, grafik, simpangan, varians, simpangan baku, bilangan baku dan koefisien variasi. Hal ini diperlukan agar dapat melakukan perhitungan, penyajian, penafsiran, dan penarikan kesimpulan statistik secara deksriptif. Pengetahuan, pemahaman dan aplikasi statistik inferensial meliputi: hipotesis, fomulasi statistik, kriteria pengujian, signifikansi dan tingkat kepercayaan serta derajat kebebasan yang diperlukan dalam pengujian hipotesis penelitian. Hal ini diperlukan agar dapat melakukan perhitungan, penyajian, penafsiran, dan penarikan kesimpulan statistik secara inferensial melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen. Analisis korelasi, regresi, komparasi, varians dan analisis jalur.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Dr Supardi Supardi
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2023 01:27
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2023 01:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12378

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.