Supardi, Supardi (2015) Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Rajawali Pers, Depok. ISBN 978-979-769-886-7
|
Gambar
Cover_Penilaian-Pembelajaran-Autentik-155-X-23-flatten-katalog.jpg Download (867kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran guru. Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan baik perlu dilakukan secara autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses, dan keluaran pembelajaran. Penilaian autentik dilakukan untuk mengukur kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan. Implementasi penilaian autentik bertujuan mengahasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terintegrasi. Buku ini mencoba menguraikan penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif, dan psikomotor mulai dari pembuatan dan uji instrumen, penskoran, konversi nilai dan laporan hasil penilaian dan penetapan Kriteria Ketuntasan Minimum secara teoritik maupun implementatif. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan tenaga pendidik untuk dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Dr Supardi Supardi |
Tanggal Disetorkan: | 08 Mei 2023 01:31 |
Perubahan Terakhir: | 08 Mei 2023 01:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12377 |
Actions (login required)
Lihat Item |