Muslihah, Eneng (2014) Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Model Pengembangan terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Provinsi Banten. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3). pp. 295-309. ISSN 0215-2673
|
Teks
Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah.pdf Download (119kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian yang dilakukan di propinsi Banten bertujuan 1) mendeskripsikan tingkat supervisi kepala sekolah model pengembangan dan profesionalisme guru dan 2) menganalisis kontribusi supervisi kepala sekolah model pengembangan terhadap profesionalisme guru Sekolah Menengah Atas Negeri. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional, sedangkan sebagai sampel penelitian adalah 200 orang guru, dengan instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat supervisi kepala sekolah model pengembangan dan profesionalisme guru adalah tinggi dan memuaskan, dan 2)supervisi kepala sekolah model pengembangan berkontribusi terhadap profesionalisme guru. Dengan demikian, pelaksanaan supervisi kepala sekolah model pengembangan menjadi faktor yang dapat menentukan tinggi rendahnya profesionalisme guru.
Tipe Item/Data: | Artikel |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Supervisi Model Pengembangan, Observasi, Pengembangan Kurikulum, Profesionalisme Guru, Kompetensi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mar 2023 07:17 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mar 2023 07:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11664 |
Actions (login required)
Lihat Item |