Qur'ana, Meriam (2023) Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas II SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240130_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (142kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240130_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (568kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240130_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (382kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240130_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (435kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240130_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (581kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240130_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240130_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240130_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pop up book yang layak dan efektif untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SD. Latar belakang pada penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa rendah. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa media pop up book yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik” dengan memperoleh skor 44 dari skor maksimal 50 yang diberikan oleh ahli materi sehingga memperoleh persentase rata-rata 88%, selanjutnya memperoleh skor 47 dari skor maksimal 50 sehingga memperoleh persentase rata-rata 94% yang diberikan oleh ahli media, dan memperoleh skor 89 dari skor maksimal 100 yang diberikan oleh guru kelas II sehingga memperoleh persentase rata-rata 89%. Hal ini menunjukkan bahwa media pop up book dikatakan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Adapun hasil uji coba media pop up book dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD dengan menggunakan teknik nonprobability sampling (purposive sampling) yaitu sebanyak 3 siswa dengan ketentuan kemampuan membaca dengan persuku kata, kemampuan membaca dengan mengeja, dan kemampuan mengenal huruf memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 68,33 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,66. Berdasarkan perhitungan hasil pre-test dan post-test memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,611111 dengan kriteria sedang. Memperoleh rata-rata skor persentase N-Gain 61,1111 dengan kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pop up book cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pop Up Book, Kemampuan Membaca Permulaan, ADDIE |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 03:07 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 03:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11243 |
Actions (login required)
Lihat Item |