Amelia, Meli (2023) Efektivitas Penggunaan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics Melalui Filter Air Sederhana Pada Materi Ekosistem Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Pre Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri Karundang 2). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240098_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240098_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (428kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240098_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240098_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (453kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240098_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (522kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240098_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (735kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240098_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240098_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan STEM berpengaru terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan menggali informasi tentang ekosistem air. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Karundang 2 di Kota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group desaign. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di Kota Serang. Sampel yang diambil adalah kelas V A dengan jumlah 30 siswa di SD Negeri Karundang 2. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalag menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan pendekatan STEM memperoleh nilai rata-rata posttest 72,6, sedangkan nilai rata-rata pretest 62,83. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi eksistem melalui filter air sederhana kelas V SD Negeri Karundang 2 yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan STEM lebih tinggi dibanding dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) (thitung > ttabel yaitu 5,585 > 2,045). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan STEM melalui filer air sederhana berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | STEM, Berpikir kreatif, Ekosistem |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 02:47 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 02:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11240 |
Actions (login required)
Lihat Item |