Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Kotoran Ayam Perspektif Madzhab Hanafi (studi Kasus di PT Berkah Sejahtera Desa Mogana Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang)

Sopiah, Siti (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Kotoran Ayam Perspektif Madzhab Hanafi (studi Kasus di PT Berkah Sejahtera Desa Mogana Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130175_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130175_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (520kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130175_BAB I.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_181130175_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (146kB)
[img] Teks
S_HES_181130175_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (513kB)
[img] Teks
S_HES_181130175_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130175_BAB V.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_181130175_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini terlatar belakangi oleh adanya fenomena kegiatan jual beli kotoran ayam yang dilakukan oleh warga setempat sehingga menjadi perdebatan dalam menetapkan hukum jual beli kotoran. Dalam penelitian ini Rumusan permasalahan yang diangkat adalah: 1) Bagaimana praktek jual beli kotoran ayam di Desa Mogana yang dikelola oleh masyarakat dan bekerja sama dengan PT Berkah Sejahtera? 2) Bagaimana tinjauan Madzhab Imam Hanafi terhadap praktek tersebut? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui praktek jual beli kotoran ayam di Desa Mogana yang dikelola oleh masyarakat dan bekerja sama dengan PT Berkah Sejahtera. 2) Untuk mengetahui Tinjauan Madzhab Imam Hanafi terhadap praktek tersebut. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang tujuan utamanya memperoleh wawasan dengan topik tertentu yang didasarkan pada fenomena, gejala, fakta dan informasi sosial. Prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa 1) Praktek jual beli kotoran ayam di Desa Mogana ini bermula saat pemilik perusaan memberikan wewenang kepada perorangan untuk menjual kotoran tersebut, lalu berinisiatif untuk menjual kotoran ayam diolah menjadi pupuk organik. Pupuk organik dari kotoran ayam ini sebelum diolah sudah ada penampungnya. dengan cara kotoran Ayam tersebut dikumpulkan sampai waktu panen tiba, dimana disitu akan ada pekerja buruh lepas yang mengambil peran disetiap tugas yang diberikan oleh orang yang bertanggung jawab dalam bidang tersebut. Dan disitulah adanya saling tolong menolong, yang bertanggung jawab terbantu karna adanya tenaga buruh lepas yang membantu mengumpulkan kotoran tersebut. 2) Tinjauan Hukum Islam pada praktek jual beli kotoran ayam ini menjadi boleh menurut Ulama Hanafi apabila sudah diolah sampai wujud najisnya hilang dan ada manfaat yang bisa diambil dari barang tersebut maka benda tersebut boleh menjadi objek akad ijaroh, boleh melakukan upah mengupah, dimana praktiknya mengumpulkan dan mengolah kotoran ayam tersebut menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tumbuhan hal itu termasuk kedalam ijaroh. Karena adanya sistem upah mengupah antara kedua belah pihak, upah atas suatu pekerjaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Jual Beli (kotoran ayam)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Jan 2023 09:24
Perubahan Terakhir: 20 Jan 2023 09:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.