Salamah, Uum Umu (2022) Pendekatan Emosional Orangtua untuk Meningkatkan Kesiapan Sosial-Emosional Anak Usia Dini dalam Memasuki RA Al-Bisriyah NQ Desa Cadasari. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_171260033_Cover.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260033_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (573kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB I.pdf Download (500kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (340kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (214kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (297kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260033_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260033_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan emosional orangtua untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini dalam memasuki RA serta faktor pendukung dan penghambatan dalam melakukan pendekatan emosional orangtua untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini dalam memasuki RA. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 5 orantua wali murid, 5 siswa kelompok A dan kepala sekolah, penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 maret hingga 7 juni 2021 di RA Al-Bisriyah NQ desa Cadasari . Objek penelitiannya adalah siswa RA Al-Bisriyah NQ kelompok A, orangtua siswa kelompok A, dan kepala sekolah dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat 4 cara yang dilakukan oleh orangtua dalam melakukan pendekatan emosional untuk meningkatkan kesiapan sosial-emosional anak usia dini, pertama orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang, kedua orangtua memberikan pandangan positif kepada anak, ketiga orangtua memberikan motivasi dan nasihat kepada anak, dan keempat orangtua mendengarkan dengan penuh empati dan meneguhkan perasaan anaknya. faktor pendukung dan penghambat pendekatan emosional orangtua dalam meningkatkan kesiapan sosial emosional anak. Faktor pendukung tentunya adalah orangtua dapat melakukan perasaan emosinya sebagai peluang untuk mendekat dan mendidik anak, waktu antara orangtua dan anak lebih banyak, memudahkan orangtua dalam berineraksi hangat dan positif dengan anak, anak diberikan perhatian dan kasih sayang, pemahaman serta nasihat oleh orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Anak usia dini mendapat pengaruh negatif dari pihak luar. usia dini belum memiliki daya ingat yang tinggi. Anak mudah lupa terhadap apa saja yang baru disampaikan oleh orangtua. Dan orangtua belum memiliki teori yang luas mengenai pemahaman akan kesiapan sosial-emosional melaui pendekatan emosional. Setelah penelitian ini, diharapkan orangtua mampu menerapkan berbagai metode yang menarik dalam melakukan pendekatan emosional.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendekatan Emosional Orangtua, Meningkatkan Kesiapan Sosial-Emosional, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 18 Apr 2023 03:26 |
Perubahan Terakhir: | 18 Apr 2023 03:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10779 |
Actions (login required)
Lihat Item |